Senin, 09 Mar 2020 15:10 WIB

Liburan 2020 Tambah 4 Hari, Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Lho!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kalender tahunan. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Libur 2020 ditambah 4 hari, ini manfaatnya bagi kesehatan. (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Pemerintah merevisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020. Hari libur dalam bentuk Cuti Bersama ditambah 4 hari.

Revisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020 ini disepakati dalam rapat di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (9/3/2020) hari ini. Namun kalian tahu nggak sih libur panjang ini punya manfaat bagi kesehatan lho!

Sebelum mengulik beragam manfaat bagi kesehatan, dr Andri, SpKJ, FAPM dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera beberapa waktu lalu mengatakan kalau stres karena pekerjaan bisa muncul kapan saja.

Nah, mumpung pemerintah menambah hari cuti, berikut beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari libur panjang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Menjaga kebugaran

Disadari atau tidak, manfaat liburan bagi kesehatan juga dapat menjaga kebugaran. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa liburan mengharuskan kita untuk beraktivitas fisik lebih banyak.

2. Mencegah depresi

Manfaat liburan untuk mencegah dan mengatasi stres tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menjalani rutinitas yang sama setiap hari sangat mungkin membuat kamu bosan dan merasa tertekan. Maka dari itu, kamu membutuhkan liburan. Berlibur dapat membuat seseorang lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi.

3. Membuat panjang umur

Bagaimana liburan bisa membuat umur seseorang lebih panjang? Ternyata manfaat liburan bagi kesehatan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian.

Selain itu, liburan dapat meningkatkan sistem imun dan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. Liburan juga sangat baik untuk kesehatan mental. Semua manfaat tersebut membuat liburan dipercaya dapat membuat seseorang lebih panjang.



Simak Video "Perubahan Cuaca Berpengaruh pada Imunitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)