Senin, 09 Mar 2020 17:34 WIB

Ada 7 WNI yang Sembuh dari Virus Corona COVID-19, Ini Rinciannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona. Ada 7 pasien WNI yang sembuh dari corona berikut rinciannya. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut hingga saat ini ada 12 kasus WNI positif virus corona di luar negeri. Dari jumlah tersebut, 7 di antaranya dinyatakan sembuh.

Di dalam negeri, sejauh ini ada 6 kasus positif. Kasus 1-5 saling terhubung dalam satu kluster, sedangkan pasien 6 merupakan kasus imported yang menimpa salah seorang ABK.

"Hari ini dari hasil (pemeriksaan). 2 kasus positif. Yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus kluster Jakarta. Yang tadi kita lakukan suspect bahwa yang bersangkutan confirm positif Covid-19," kata Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Minggu (8/3/2020).

Berikut daftar 7 WNI positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh:

1. 6 WNI di Diamond Princess Jepang

Mengutip CNN, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut 12 Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona COVID-19 di luar negeri, 7 di antaranya sembuh. Dari 7 kasus yang sembuh tersebut, enam di antaranya terjadi pada kasus yang menimpa WNI di Jepang.

Dari 6 kasus yang dimaksud, 4 di antaranya sebagai berikut:

- 1 WNI pulang bersama rombongan besar ke RI diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI.
- 1 WNI diobservasi di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Cikarang, Bekasi.
- 2 WNI proses pulang ke RI, akan diobservasi di Bapelkes, Cikarang, Bekasi.

2. 1 WNI di Singapura

Terjadi pada seorang WNI pekerja migran (44) yang tertular virus corona COVID-19 dari majikannya yang merupakan pemilik toko. Ia menjadi pasien ke-21 yang saat ini sudah dinyatakan sembuh.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)