Senin, 09 Mar 2020 19:40 WIB

Suspek Pasien Virus Corona Terbaru di RSPI-SS Mengalami Infeksi Bakteri

Anjar Mahardika - detikHealth
Indonesia melaporkan adanya dua orang yang positif virus corona. Keduanya kini jalani perawatan di RSPI Sulianti Suroso. Yuk, lihat suasana di rumah sakit itu. RSPI menerima satu suspek virus corona baru. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Satu orang kembali menambah daftar pasien yang masuk kedalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau suspek virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Pemeriksaan pasien ke-10 ini sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang ada dan sesuai dengan tata laksana kondisi klinis pasien.

"Untuk kasus yang ke 10 ini tata laksananya sesuai dengan kondisi klinis. Jadi kalau kondisi klinisnya memang memerlukan infus memerlukan vitamin" ujar Ketua Pokja Penyakit Infeksi New Emerging dan Reemerging dr Pompini Agustina di RSPI Sulianti Saroso, Senin (9/3/2020).

dr Pompini mengatakan, pasien juga diberi antibiotik untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri. Hal ini karena terdapat infeksi akibat bakteri pada tubuh pasien saat ditempatkan di ruang isolasi.

"Ada infeksi sekunder atau ada infeksi bakteri yang menyertai maka diberikan antibiotik, jadi pengobatan. Itu sudah sesuai dengan tata laksana untuk kasus-kasus seperti penyakit infeksi di saluran nafas" pungkasnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)