Senin, 09 Mar 2020 20:45 WIB

Ditemukan di Rumah Ririn Ekawati, Ini Fungsi Sebenarnya Obat Xanax

Firdaus Anwar - detikHealth
Ririn Ekawati dibawa ke Lido (Hanif/detikcom) Ririn Ekawati dibawa ke Lido. (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Artis Ririn Ekawati diamankan polisi pada hari Sabtu (7/3). Di kamarnya ditemukan obat Xanax yang menurut polisi termasuk ke dalam psikotropika golongan IV.

"Tapi ini masih melakukan pendalaman, sebetulnya barang ini milik siapa, ini ditemukan dalam satu obat-obatan milik mantan suami RE," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Ronaldo Maradona Siregar saat konferensi pers di kantornya, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020).

Ahli jiwa dr Andri SpKJ, FAPM, dari RS Omni Alam Sutera pernah menjelaskan bahwa Xanax merupakan obat penenang alprazolam dari golongan benzodiazepine.

Dikutip dari ensiklopedia Drugs.com, Xanax biasanya digunakan untuk pasien dengan gangguan kecemasan. Xanax bekerja di otak dan sistem saraf pusat dengan meningkatkan efek senyawa kimia gamma-aminobutyric acid (GABA) yang menghasilkan efek menenangkan.

"Alprazolan biasa digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, gangguan panik, dan rasa cemas akibat depresi," tulis Drugs.com dan dikutip pada Senin (9/2/2020).

Obat Xanax harus dikonsumsi sesuai resep dokter karena dapat mudah menyebabkan ketergantung apalagi bagi mereka yang sering mengonsumsi alkohol dan narkoba.

"Hati-hati pakai obat Xanax ini. Pada orang yang minum alkohol atau pengguna narkoba, mereka akan lebih mudah ketergantungan dan dependant terhadap pemakaian obat," kata dr Andri beberapa waktu lalu.



Simak Video "'SwissCovid', Aplikasi asal Swiss Pendeteksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)