Selasa, 10 Mar 2020 06:30 WIB

Sesak Nafas? Lakukan 7 Cara Ampuh dan Mudah Ini!

Tri Suharyati - detikHealth
wanita kesulitan bernapas Cara mengatasi sesak nafas. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sesak nafas atau dyspnea terjadi ketika Anda mengalami kesulitan bernapas karena kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Sebagian orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba. Sementara itu, sebagian lain mengalaminya dalam jangka panjang.

Sesak napas juga dapat menjadi sinyal yang memperingatkan tubuh akan terjadinya suatu kondisi medis. Saat mengalami sesak napas, Anda akan merasa dada sesak, sakit, serta napas menjadi cepat dan dangkal. Hal tersebut tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Penyebab sesak napas bermacam-macam bisa karena kelebihan berat badan, merokok, alergi terhadap sesuatu, suhu ekstrim, kelelahan ataupun gelisah. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, anemia, TBC, fungsi paru abnormal, kanker paru, stroke, gagal jantung, emboli paru, dan lainnya.

Jika terjadi sesak nafas dan kamu sedang tidak membawa obat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sesak nafas, dikutip dari Healtline:

1. Bernafas Melalui Mulut

Saat sesak nafas sedang terjadi usahakan jangan panik, karena panik akan membuat kamu makin susah bernafas. Kamu bisa bernafas melalui mulut. Caranya kamu harus rileks dan ambil nafas melaui hidung secara perlahan , tahan sebentar dan keluarkan melalui mulut juga secara perlahan sampai sesak pada dada sudah berkurang.

Sesak nafas.Sesak nafas. Foto: ilustrasi/thinkstock

2. Menggunakan Kipas Angin

Berdasarkan penelitian, penggunaan kipas angin untuk meniupkan udara ke hidung dan wajah, dapat mengurangi sesak napas. Saat menghirup udara dari kipas angin, Anda mendapat banyak udara yang masuk. Ini terbukti menjadi cara yang efektif dalam mengurangi gangguan pernafasan tanpa obat obatan.

3. Meminum Kopi Hitam

Kafein bisa membantu mengurangi sesak nafas. Saat sesak nafas terjadi kamu bisa meminum kopi untuk mengurangi rasa sesak. Penelitian membuktikan, kafein dapat meningkatkan fungsi saluran pernapasan pada penderita asma, sehingga memudahkannya untuk menghirup udara. Namun, ada baiknya jangan terlalu banyak meminum kopi. Karena kopi bisa meningkatkan detak jantung kamu. minumlah kurang lebih 4 kali tegukan sampai nafas kamu kembali normal.

4. Bersandar Pada Dinding

Berdiri juga dapat membantu merilekskan tubuh dan saluran udara kamu. Berdirilah di dekat dinding, hadap jauh, dan letakkan pinggul di dinding.

Pisahkan kedua bahu selebar bahu, dan letakkan kedua tangan di paha.

Dengan bahu kamu rileks, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan gantungkan lengan kamu di depan kamu.

5. Berbaring

Cobalah bernapas sambil berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal. Usahakan punggung tetap lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan saluran udara Anda rileks, membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Sesak nafas.Sesak nafas. Foto: Thinkstock

6. Duduk Membungkuk

Cara ini juga ampuh untuk meredakan sesak nafas. Kamu hanya perlu duduk dengan tegak dan rileks, taruh siku pada lutut atau tangan menopang dagu, sedikit membungkuk. Lalu, atur nafas kamu secara perlahan berulang-ulang sampai sesak yang kamu rasakan hilang.

7. Mengonsumsi Jahe Segar

Cara ini cukup mudah saat kamu merasakan sesak nafas di rumah, kamu bisa meminta bantuan kepada orang sekitar kamu untuk dibuatkan minuman herbal dari jahe. Mengonsumsi jahe segar dengan menambahkan air hangat sebagai minuman, dapat membantu mengatasi sesak napas, yang disebabkan oleh infeksi pernapasan. Sebuah studi telah menunjukkan, jahe efektif dalam memerangi virus yang menjadi penyebab umum infeksi saluran pernapasan.



Simak Video "Tips Untuk Tidak Cepat Ambil Keputusan Bercerai"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)