Selasa, 10 Mar 2020 11:16 WIB

Gadis di Tulungagung Disetubuhi Pacar saat Datang Bulan, Kenali 4 Risikonya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pria di Tulungagung nekat menyetubuhi pacarnya yang sedang datang bulan. Korban masih di bawah umur. Gadis di Tulungagung disetubuhi pacar saat sedang menstruasi, begini risikonya. (Foto: Adhar Muttaqin)
Jakarta -

Seorang gadis di bawah umur di Tulungagung dipaksa sang pacar melakukan hubungan badan meski sedang datang bulan. Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, tersangka yakni ARK (20) warga Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Sedangkan korban masih berusia 14 tahun.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti pakaian korban.

"Perbuatan asusila ini berawal saat pelaku menghubungi korban melalui WA (WhatsApp) dan mengajak ketemuan di rumah salah satu temannya di Kecamatan Rejotangan," kata Eva Guna Pandia, Senin (9/3/2020).

Pelaku ditahan di Polres Tulungagung dan dijerat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Ancaman hukuman bagi pelaku disebutkan minimal 5 tahun maksimal 15 tahun.

Terlepas dari kasus yang terjadi, hubungan seks yang dilakukan saat wanita sedang mentruasi memiliki banyak risiko, seperti yang sudah dirangkum detikcom sebagai berikut:

1. Luka atau trauma di mulut rahim

Infeksi terjadi akibat bercinta saat menstruasi bisa memicu trauma pada mulut rahim. Salah satu akibatnya adalah rasa sakit dan mulas, serta keluarnya cairan putih kehijauan atau kecokelatan setiap hari.

2. Endometriosis

dr Gunawan Dwi Prayitno, SpOG(K), pernah menjelaskan saat orgasme rahim akan berkontraksi sehingga darah kotor dari menstruasi bisa masuk lagi ke dalam rahim. Jika hal ini terjadi, maka akan timbul risiko endometriosis pada tubuh perempuan.

3. Infeksi

Hubungan suami istri biasanya akan menimbulkan luka dan endometriumnya mengalami peluruhan, darah menstruasi atau sperma yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

4. Terjadinya emboli udara

Emboli udara adalah gelembung udara yang masuk ke pembuluh darah dan bisa menyumbat pembuluh-pembuluh darah pada organ-organ vital. Gelembung udara bisa masuk ke dalam aliran darah, karena saat menstruasi pembuluh darah terbuka.

Celah yang terbuka ini bisa dimasuki gelembung udara, hal ini terjadi saat penetrasi oleh penis ke liang vagina. Ketika terbawa oleh aliran darah, gelembung tersebut bisa memicu penyumbatan pembuluh darah. Lebih berbahaya lagi jika pembuluh darah yang tersumbat adalah pembuluh yang menuju ke organ penting seperti jantung dan paru-paru.



Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)