Selasa, 10 Mar 2020 15:41 WIB

Heboh Soal Siswi SMK Digerayangi, Ini Cara Ajari Anak Hadapi Bullying

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Teenage girl sitting on a staircase outside feeling depressed Heboh soal video siswi SMK digerayangi oleh teman sekolahnya sendiri. (Foto: iStock)
Jakarta -

Heboh di media sosial soal video viral siswi SMK digerayangi teman-temannya. Dalam video tersebut terlihat organ intim siswi SMK ini diraba oleh teman-teman yang memegangi kaki dan tangannya.

Menanggapi hal ini, psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Motherhope Indonesia menjelaskan pentingnya pembekalan pengetahuan atau skill pada anak untuk menghadapi kasus-kasus bullying yang kerap terjadi.

"Berikan pengetahuan mengenai batasan bagian tubuh mana yang bisa disentuh, atau tidak sama sekali. Bekali bagaimana bergaul dengan beberapa jenis orang yang berbeda. Bekali bagaimana cara menghadapi jika ada tindakan bully atau kejahatan," jelasnya saat dihubungi detikcom Selasa (10/3/2020).

Menurut Rahma, anak bisa diajarkan bersikap tegas dalam menanggapi tindakan bullying dengan tetap bersikap santun. Sehingga nantinya tidak menimbulkan dendam di sekitar lingkungan anak tersebut.

"Ajarkan cara menghindar dan bagaimana cara meminta pertolongan. Kalau perlu lakukan role play bersama anak dan remaja kita agar mereka bukan hanya paham namun punya pengalaman (walau bukan real) sehingga saat ada kejadian real anak-anak dan remaja kita tidak panik atau bingung tapi tau bagaimana cara mengatasinya," lanjutnya.



Simak Video "Viral Wanita AS Bagikan Pengalaman Saat Tes Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)