Selasa, 10 Mar 2020 19:12 WIB

Sumber Penularan Pasien Corona ke-27 Tak Diketahui, Diduga Transmisi Lokal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Dalam keterangan persnya Achmad Yurianto menyampaikan sebanyak empat orang dinyatakan suspect virus Corona karena telah melakukan kontak langsung dengan warga Depok yang positif sebelumnya dan mengalami gejala-gejala awal seperti Influenza yang kini tengah diobservasi dan menunggu hasil pasti dari pemeriksan laboratorium. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. Kasus pasien virus corona ke-27 jadi perhatian karena belum diketahui sumbernya. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Pemerintah pada hari Selasa (10/3/2020) mengumumkan delapan kasus baru pasien yang positif virus corona COVID-19. Hal ini membuat total pasien positif yang ada di Indonesia menjadi 27 kasus.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, menjelaskan pasien ke-27 menjadi perhatian karena sumber penularannya belum diketahui. Pasien berjenis kelamin pria 33 tahun tersebut diduga merupakan kasus penularan lokal.

"Nomor kode 27 laki-laki 33 tahun WNI kondisi stabil. Kami menduga ini local transmission yang sedang kami tracking dari mana sumbernya karena bukan impor dan tidak jelas bagian dari kluster lain," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

"Sementara belum jelas, mungkin nanti kita bisa menemukan," lanjutnya.

Beberapa ahli menyebut hadirnya kasus transmisi lokal bisa jadi tanda bahwa virus sudah mulai menyebar di antara komunitas masyarakat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut semua negara harusnya sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi kasus transmisi lokal virus corona.



Simak Video "Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Picu Diabetes pada Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)