Rabu, 11 Mar 2020 15:09 WIB

Mengenal Kanker Tulang yang Diidap Legenda Persija Sofyan Hadi Sebelum Wafat

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jelang Laga Persija kontra Becamex Binh Duong, kawasan Stadion GBK dipenuhi warna jingga. Pernak-pernik dan atribut Persija nampak dipasarkan para pedagang. Atribut Persija Jakarta (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Kabar duka datang dari dunia sepak bola. Pelatih yang membawa Persija Jakarta juara di 2001, Sofyan Hadi meninggal dunia di usia 68 tahun pada Rabu (11/3/2020).

"Innalillahi wa inna ilaihi raoji'un. Turut berduka cita atas wafatnya salah satu legenda Persija Jakarta, yaitu Coach Sofyan Hadi. Wafat di usia 69 Tahun," tulis pesan dari media officer Persija.

Diketahui Sofyan sudah lama menderita sakit kanker tulang. Kanker tulang bisa terjadi ketika tumor atau massa jaringan abnormal terbentuk di tulang.

Kanker tulang pun terdapat beberapa jenis, berikut penjelasannya seperti dikutip dari Healthline.

1. Multiple myeloma

Multiple myeloma (MM) adalah jenis kanker tulang yang paling umum terjadi dan disebabkan oleh tumbuhnya sel-sel kanker pada sumsum tulang. Umumnya MM lebih sering menyerang pada orang yang berusia lanjut.

2. Osteosarcoma

Kanker tulang jenis ini umumnya menyerang anak-anak dan remaja, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Osteosarcoma biasanya terjadi pada pinggul, bahu dan ujung tulang panjang seperti lengan atau kaki.

3. Chondrosarcoma

Chondrosarcoma dapat terjadi di panggul, daerah paha dan bahu pada orang dewasa. Kanker tulang jenis terbentuk di jaringan subchondral, yang merupakan jaringan ikat atau penghubung antar tulang.

4. Sarkoma ewing

Sarkoma ewing adalah kanker langka yang menyerang jaringan lunak di sekitar tulang dan bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)