Rabu, 11 Mar 2020 15:58 WIB

Rama Aiphama Keluhkan Asam Lambung Sebelum Meninggal, Kenali Penyebabnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rama Aiphama Rama Aiphama meninggal dunia. (Foto: Instagram @_ganef1982)
Jakarta -

Kabar duka kembali terdengar di tanah air. Pedangdut era 90-an Sayyid Muhammad bin Syagab Al-Idrus atau dikenal dengan nama Rama Aiphama meninggal dunia.

Menurut adik Rama Aiphama, Ibrahim bin Syagab al-Idrus, sebelum menghembuskan napas terakhir sang kakak sempat mengeluh sakit asam lambung.

"Tidak ada (riwayat sakit). Keluhan asam lambung saja," kata Ibrahim saat ditemui di rumah duka, kawasan Condet, Jakarta Timur, Rabu, (11/3/2020).

Asam lambung merupakan cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung dan berfungsi untuk membantu sistem pencernaan. Meski asam lambung bukanlah penyakit yang serius, jika terlalu lama dibiarkan bisa memicu gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Penyakit asam lambung bisa terjadi pada anak-anak hingga dewasa, dan salah satu penyebabnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti:

1. Mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat.

2. Tidur sehabis makan. Sebaiknya berikan jarak 2 jam antara makan dan tidur, ini untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan asam.

4. Terlalu sering mengonsumsi kopi, minuman bersoda dan alkohol.

5. Obesitas dan stres.

Terkait hal tersebut, beberapa ahli mengingatkan serangan jantung sering dikelirukan dengan penyakit asam lambung. Ini karena keduanya memiliki gejala yang mirip.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)