Rabu, 11 Mar 2020 20:00 WIB

Berhentilah Merokok demi Ginjal, Ini Alasannya Menurut Dokter

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi Rokok Setop merokok demi kesehatan ginjal (Foto: iStock)
Jakarta -

Sekitar 850 juta orang di seluruh dunia kini diperkirakan mengidap penyakit gagal ginjal dari berbagai faktor. Penyakit Ginjal Kronik (PGK) setidaknya ada 2,4 kematian per tahun dan pada 2040 diproyeksikan menjadi penyebab kematian terbesar kelima di dunia.

Gangguan Ginjal Akut (GGA) atau Acute Kidney Injury (AKI). Menjadi penyebab penting Penyakit Ginjal Kronik (PGK) mengenai lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia dan 85 persen dari kasus yang ditemukan di negara dengan pendapatan rendah dan menengah. Sekitar 1,7 juta orang diperkirakan meninggal setiap tahunnya disebabkan karena AKI.

Banyaknya kasus penyakit ginjal, kita perlu melakukan beberapa pencegahan. Dalam peringatan hari ginjal sedunia, dr Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH selaku ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) dalam konferensi pers mengatakan, pencegahan bisa dilakukan salah satunya untuk terus menjaga hidup sehat.

"Jaga kesehatan dan lakukan aktivitas fisik yang cukup, melakukan kontrol darah kadar gula darah secara teratur, makan makanan yang sehat dan jaga berat badan juga," ujar dr Aida.

Selain itu dr Aida juga memaparkan dengan jelas, bahwa melalukan pencegahan bisa dengan minum air yang cukup dan tidak merokok.

"Minuman air yang cukup setidaknya 30ml/kg berat badan, berhenti merokok, karena rokok bisa merusak pembuluh darah dan pembuluh darah ginjal," tutupnya.



Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)