Rabu, 11 Mar 2020 22:10 WIB

Sakit Kepala Tak Kunjung Usai, Dokter Temukan Cacing Pita di Otak Pria Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi asah otak Ilustrasi otak (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang pria setengah baya di China mengalami sakit kepala yang tak kunjung usai disertai dengan mual. Hal ini terjadi selama 6 bulan terakhir sebelum dokter menemukan sesuatu di dalam otaknya.

Para dokter yang memeriksa pasien tersebut terkejut saat menemukan 'cacing pita' di dalam otak pria yang bernama Wu ini, dengan ukuran selebar satu sentimeter. Cacing pita ini disebut berasal dari daging babi yang dikonsumsinya. Daging babi yang ia konsumsi kurang matang saat dimasak.

Dokter sebut ada sebanyak 30 telur cacing pita yang ada di dalam otaknya. Kondisi Wu, pria berusia 46 tahun dari Guizhou, China, ini didiagnosis mengidap penyakit neurocysticercosis. Selain sakit kepala dan muntah, ia juga sebelumnya mengalami kejang-kejang.

"Beberapa larva terlihat bergerak di dalam telur," kata dr Yang Ming dari Guizhou Medical University dikutip dari Daily Mail pada Rabu (11/3/2020).

Wu harus menjalani kraniotomi sehingga dokter bisa mengeluarkan telur dan larva dengan hati-hati. dr Yang mengatakan telur-telur itu tersebar di dalam otak dan dia harus berhati-hati untuk tidak memecahkan telur selama operasi.

Wu dikirim ke unit perawatan intensif usai melakukan operasi dan dijadwalkan untuk menerima perawatan lanjutan untuk membunuh cacing pita yang ada di dalam otaknya. dr Yang menjelaskan mereka harus memastikan tidak ada parasit mati yang tersisa di otak. Jika tidak, itu dapat menyebabkan kerusakan serius pada jaringan otak.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)