Kamis, 12 Mar 2020 08:01 WIB

Pulang Liburan dari Luar Negeri Disarankan Isolasi Diri, Begini Caranya

Ayunda Septiani - detikHealth
Wabah virus corona telah melanda ke sejumlah negara di dunia usai pertama kali diidentifikasi di Wuhan. Yuk, lihat aktivitas warga di tengah wabah virus corona Disarankan untuk mengisolasi diri sepulang berlibur ke luar negeri (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Penyebaran virus corona dalam beberapa waktu ini semakin bertambah. Khususnya di Indonesia, tercatat setidaknya sudah ada 34 pasien yang positif terkena virus corona. Namun, terkadang kita susah untuk menolak untuk traveling ke luar negeri baik untuk liburan atau urusan pekerjaan.

Biasanya seseorang tidak tahu apakah terinfeksi atau tidak sebab kadang gejalanya tidak terlihat sama sekali. Bahkan dalam beberapa kasus, tubuh tidak menjunjukkan gejala tetapi sudah menularkan virus kepada orang lain. Sebabnya pemerintah menganjurkan mereka yang baru pulamg dari luar negeri untuk karantina rumah.

"Usahakan tata udara di rumah kita bagus, seperti sering-sering membuka jendela rumah agar ada sirkulasi udara yang baik," ujar pakar mikrobiologi klinis dari RS Universitas Indonesia (RSUI), Dr dr Budiman Bela, Sp. MK, saat ditemui detikHealth, Rabu (11/3/2020).

Disamping itu dr Budiman juga menyebut harus membatasi kontak dengan orang rumah, setidaknya menyediakan ruangan tersendiri. Kalau memaksa atau kondisinya sudah mendesak dan diharuskan untuk keluar rumah, dianjurkan pakai masker juga dan menjaga kebersihan.

Lanjutnya, ia mengatakan jika aliran udara di rumah baik, maka penyebaran virus di dalam ruangan akan berkurang serta menjaga kebersihan toilet.

"Aliran udara yang baik akan sangat membantu mengurangi penyebaran virus di udara, dan mengurangi virus yang ada di dalam ruangan. Lalu untuk kontak fisik maka harus rajin cuci tangan, dijaga higienis dari alat rumah, toilet harus bersih," tutupnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)