Kamis, 12 Mar 2020 12:07 WIB

Beredar Info Minum Alkohol Bisa Kurangi Risiko Kena Corona, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral minum alkohol untuk cegah corona. Awas hoax minum alkohol cegah infeksi corona. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Di media sosial beredar informasi yang menyebut konsumsi minuman alkohol bisa kurangi risiko terinfeksi virus corona COVID-19. Informasi ini dibagikan dalam bentuk foto yang menunjukkan surat edaran atas nama Saint's Luke Hospital Kansas City, salah satu rumah sakit di Amerika Serikat (AS).

"Setelah studi yang menyeluruh, kami menemukan mengonsumsi minuman beralkohol bisa mengurangi risiko infeksi dari novel coronavirus; COVID-19. Vodka paling disarankan untuk diminum, bersih-bersih, dan sanitasi," tulis imbauan dalam surat.

Terkait hal tersebut, pihak Saint's Luke Hospital menegaskan tidak benar minum alkohol dapat menurunkan risiko terinfeksi virus corona. Saint's Luke Hospital juga membantah surat edaran itu dari mereka.

"Ada laporan yang bilang minum alkohol bisa mengurangi risiko COVID-19. INI TIDAK BENAR. Saint's Luke mengikuti panduan dari CDC," tulis pihak rumah sakit seperti dikutip dari akun resmi Facebook-nya, Kamis (12/4/2020).

Saint's Luke Hospital menyebut apa yang harusnya dilakukan orang-orang adalah menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan yang baik. Cara yang dianjurkan, seperti rutin cuci tangan pakai sabun, hindari orang sakit, jangan sentuh area wajah, dan tutup mulut saat batuk atau bersin.



Simak Video "Isu Konspirasi Jadi Ganjalan Relawan Saat Informasikan soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)