Kamis, 12 Mar 2020 20:00 WIB

Malaysia Laporkan 'Kasus Sporadis' Virus Corona COVID-19, Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Indonesia persingkat prosedur, Malaysia bersiap yang terburuk dalam hadapi Covid-19 Malaysia umumkan kasus sporadis virus corona pertama. Foto ilustrasi: BBC World
Jakarta -

Virus corona saat ini terus menyebar ke berbagai belahan dunia, tak terkecuali negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia. Pada hari ini, Kamis (12/3), Kementerian Kesehatan Malaysia mengkonfirmasi adanya kasus sporadis COVID-19 pertama terjadi di negaranya.

Sporadis merupakan suatu kasus yang pasiennya terinfeksi virus corona COVID-19, meskipun tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah pandemik. Selain itu, pasien yang terkena kasus ini juga tidak pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Dikutip dari The Star, penyebab terjadinya kasus sporadis ini menjadi indikasi bahwa penyakit tersebut telah menyebar di tengah masyarakat.

"Kasus ini terdeteksi setelah sekitar 600 sampel yang terdiri dari 138 penderita sindrom pernapasan akut, dan 462 mengidap influenza diuji, sampai Rabu kemarin," ujar Direktur Jenderal Datuk Dr. Noor Hisham Abdullah.

"Hasilnya, satu dari 600 sampel tersebut dipastikan positif COVID-19, meskipun tidak ada riwayat bepergian atau kontak," imbuhnya.

Hingga saat ini, penyelidikan terus dilakukan untuk mencari tahu sumber kasus sporadis COVID-19 ini. Dr Noor juga terus mengingatkan, agar warga Malaysia untuk tidak bepergian dulu ke negara yang diduga terinfeksi corona, atau tempat-tempat yang ramai.

Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi ataupun penularan, dari lingkungan dan orang-orang yang diduga terkena virus corona.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)