Jumat, 13 Mar 2020 06:25 WIB

4 Hal yang Bisa Mengacaukan Pengecekan Suhu Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Para pengunjung dan petugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat diperiksa suhu tubuhnya saat akan memasuki gedung. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran corona Pengukuran suhu tubuh dengan 'termometer tembak' (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Di tengah maraknya virus corona di Indonesia, berbagai pencegahan mulai dilakukan. Misalnya seperti rutin cek kesehatan, mulai rajin mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, hingga pengecekan suhu tubuh secara rutin.

Saat suhu tubuh dicek menggunakan thermal scanner atau pengecek lainnya, suhu tubuh ternyata selalu berubah-ubah. Suhu tubuh bisa naik turun tidak tentu. Kenapa bisa begitu ya?

Sebuah penelitian menunjukkan, pukul 3-5 pagi dan pukul 1-4 sore, suhu tubuh akan lebih rendah. Hal ini membuat seseorang merasa dingin meskipun suhu di sekitarnya sama saja.

Suhu tubuh normal saat ini yaitu 36,6 derajat celsius. Namun, sebenarnya suhu tubuh akan mengalami perubahan sekitar 0,6 derajat celcius tiap harinya, tergantung aktivitas orang tersebut.

Dikutip dari WebMD, tubuh manusia akan mengatur sendiri suhunya sesuai dengan keadaan sekitarnya. Tubuh juga akan bereaksi terhadap suhu dengan cara yang berbeda. Fluktuasi atau perubahan suhu ini bisa disebut sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Gejala umum yang terjadi saat fluktuasi terjadi seperti menggigil dan berkeringat.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan suhu tubuh manusia berubah-ubah, yaitu:

1. Pertumbuhan tubuh

Biasanya sejak bayi lahir, suhu tubuh akan terus meningkat dalam waktu satu sampai dua hari. Kemudian, suhu akan menurun sedikit sampai usia tertentu dan bisa meningkat lagi.

2. Perubahan hormon

Perubahan suhu tubuh juga biasa terjadi saat sedang menstruasi, menopause, dan juga kehamilan. Terutama saat kehamilan, kecepatan metabolisme meningkat hingga terjadi kenaikan suhu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]