Jumat, 13 Mar 2020 07:00 WIB

Marak Virus Corona, Kapan Harus Cuci Tangan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Young woman cleaning fingers and hands with wet wipes Cuci tangan pakai sabun bisa mencegah penularan virus corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Untuk mencegah terinfeksi virus corona, berbagai hal mulai rutin dilakukan. Misalnya rajin melakukan medical check up, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga kebersihan.

Penggunaan hand sanitizer sebenarnya bisa dilakukan sebagai pencegahan. Tapi, hal itu tidak terlalu efektif untuk mematikan kuman-kuman yang ada di tangan.

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah infeksi ini adalah dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan juga sabun. Ini juga sudah disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar tidak terkena virus corona atau penyebaran penyakit lainnya.

Tapi, kapan saja sih waktu yang tepat untuk mencuci tangan di tengah wabah corona seperti ini? Dikutip dari Metro, berikut waktu-waktu yang sangat disarankan.

1. Setelah menggunakan toilet

2. Sebelum dan sesudah mengolah bahan makanan mentah, seperti daging dan sayuran

3. Sebelum atau sesudah mengelola makanan

4. Setelah menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk

5. Sebelum dan sesudah mengobati luka

6. Setelah menyentuh binatang, makanannya, hingga membersihkan kandang

7. Saat tiba di rumah

8. Setelah menggunakan transportasi dan fasilitas umum

9. Sebelum menyentuh wajah dan area sekitarnya

WHO menyarankan, sebagai tindakan perlindungan yang terbaik dan mudah dari virus corona, cuci tangan sesering mungkin. Lakukan selama sekitar 20 detik untuk mencuci tangan, dari telapak hingga sela-sela jari.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)