Jumat, 13 Mar 2020 07:29 WIB

Kehilangan Satu Ginjal karena Donor, Masih Bisakah Hidup Normal?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi ginjal Hanya punya satu ginjal tetap bisa hidup sehat (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Ginjal adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang berfungsi sebagai penghilang racun dan membersihkan darah. Di samping itu, ginjal juga berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan kestabilan hormon.

Umumnya, manusia diberkahi dengan dua ginjal namun beberapa orang terlahir atau mengidap kondisi kronis sehingga salah satu ginjalnya tidak berfungsi dengan sempurna. Terkadang, orang terkasih mengalami kondisi di mana mereka harus mendapatkan donor ginjal untuk mengembalikan kualitas hidup mereka. Lalu bisakah seseorang tetap hidup 'normal' dengan satu ginjal?

"Daya cadang ginjal cukup besar. Dikatakan bahwa ginjal orang sehat atau normal, bisa sampai empat kali kebutuhannya. Jadi kalau misalnya satu diambil, (satu ginjal berfungsi) dua kali dari kebutuhannya," sebut dr Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGEH, dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Kamis (12/3/2020).

"Pasien yang mendonorkan ginjalnya satu, masih bisa beraktivitas normal. Tapi kalau dalam kondisi ginjalnya sehat," sambungnya.

Satu ginjal disebut cukup untuk menyaring darah agar tetap bersih. Orang yang hidup dengan satu ginjal pun sebenarnya masih bisa berolahraga seperti biasa walau ada beberapa hal yang tetap harus dipantau seperti gaya hidup dan pola makan.

Bahkan, dr Pringgo mengatakan ada sebuah penelitian yang menunjukkan mereka yang telah mendonorkan ginjal lebih sehat dari orang normal. Namun perlu juga diingat bahwa orang dengan satu ginjal bisa mengalami penurunan stamina dengan cepat.

"Ada yang menarik, studi yang mengikuti pasien donor ginjal dan mereka yang tidak mendonorkan ginjal, ternyata lebih sehat yang mendonorkan ginjal. Karena yang donor lebih menjaga kesehatannya sebab dia tahu dia hanya punya satu (ginjal) jadi dia menjaga kesehatannya dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)