Jumat, 13 Mar 2020 12:00 WIB

Kontak dengan Pasien Positif, Trump Dilaporkan Khawatir Terinfeksi Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Donald Trump tutup akses wisatawan Eropa Donald Trump khawatir terinfeksi virus corona. (Foto: (Reuters))
Jakarta -

Sekretaris Presiden Brazil, Fabio Wajngarten, dilaporkan positif terinfeksi virus corona COVID-19 pada Kamis (12/3/2020) usai bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hal ini disebut membuat Trump khawatir.

"Trump khawatir terkait orang-orang yang ia temui, termasuk pejabat Brazil itu," ujar seorang sumber yang dekat dengan presiden seperti dikutip dari CNN, Jumat (13/3/2020).

Trump sempat berbicara di depan media bahwa dirinya hanya duduk dekat dengan Fabio. Sekretaris Gedung Putih Stephanie Grisham menyebut hampir tidak ada interaksi yang terjadi sehingga Trump saat ini tidak perlu dites.

"Kami tidak melakukan apa-apa, hanya duduk bersebelahan selama beberapa waktu," kata Trump pada media hari Kamis (12/3/2020).

Sementara itu beberapa orang terdekat Trump dilaporkan melakukan karantina diri (self-quarantine) sebagai langkah pencegahan usai tahu melakukan kontak dengan Fabio. Senator Lindsey Graham dalam sebuah pernyataan resmi menyebut untuk sementara akan bekerja dari rumah.

"Senator tidak ingat pernah melakukan kontak langsung dengan Presiden Brazil, yang masih menunggu hasil tes, atau juru bicaranya yang sudah positif. Namun untuk kehati-hatian dan atas saran dokter, Senator Graham memutuskan melakukan karantina sendiri sambil menunggu hasil tes," tulis pernyataan tersebut.



Simak Video "Respons Kritik Trump, WHO: Jangan Politisasi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)