Jumat, 13 Mar 2020 17:38 WIB

Sanggup Periksa 100 Sampel Perhari, FKUI Siap Bantu Periksa Virus Corona

Anjar Mahardhika - detikHealth
Gedung FKUI Salemba FKUI siap bantu periksa sampel virus corona (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Dalam mendeteksi sampel virus corona, sampai saat ini pemerintah hanya mengandalkan Litbangkes Kementerian Kesehatan Indonesia. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD- KGEH, MMB, menegaskan kesanggupannya untuk membantu.

"Kita sudah mampu melakukan pemeriksaan sendiri skrining untuk virus ini" kata Prof Ari di Gedung FKUI, Jakarta, Jumat (31/3/2020).

Prof Ari mengklaim FKUI mempunyai fasilitas dan alat yang memadai untuk melakukan tes ini. Ia juga mengatakan siap jika diminta pemerintah membantu Litbangkes Kemenkes dalam melakukan pemeriksaan sampel virus hingga 100 sempel perhari.

"Kita alat-alat sudah punya dan kita tinggal tunggu saja arahan dari Kemenkes apakah kami sudah bisa membantu memeriksa sampel-sampel yang ada," tambahnya.

Baru-baru ini, pemerintah memutuskan pemeriksaan laboratorium terkait virus Corona bisa dilakukan tak hanya di Balitbangkes. Pemeriksaan kini bisa dilakukan di Universitas Airlangga hingga Lembaga Eijkman.

"Pemerintah sudah memutuskan mulai hari Senin besok pemeriksaan laboratorium sudah bisa dilaksanakan bukan hanya di Balitbangkes tapi juga bisa dilaksanakan di BBTKL di Universitas Airlangga di Lembaga Eijkman dan beberapa tempat lagi yang saat ini sedang melaksanakan untuk job training," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).



Simak Video "Percepat Target Vaksin COVID-19, WHO: Butuh Dana Rp 449 T"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)