Sabtu, 14 Mar 2020 14:48 WIB

Tips Psikolog Supaya Tidak Bosan Saat Jalani Karantina Rumah

Siti Masluha - detikHealth
Ilustrasi menikah Rasa bosan yang menghantui saat menjalani karantina di rumah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Wabah virus corona COVID-19 yang sedang menyebar di hampir seluruh dunia saat ini. Meningkatnya kasus membuat makin banyak orang harus dikarantina agar tidak menyebarkan virus pada orang lain.

Proses karantina dilakukan bagi mereka yang mengalami gejala-gejala virus COVID-19 seperti batuk, sesak napas, pilek, dan demam. Orang-orang yang dikaterogikan sebagai suspek virus COVID-19 harus menjalani karantina selama 14 hari.

Bila gejalanya ringan, beberapa pasien mungkin akan diminta tetap berada di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain sampai dinyatakan negatif terinfeksi virus COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, psikolog Veronica Adelsa, MPsi, dari Personal Growth menyarankan agar orang-orang melakukan aktivitas tertentu. Menurutnya aktivitas seperti menonton film, membaca buku, melukis, atau menulis, bisa dilakukan sehingga terhindar dari rasa bosan.

Melakukan aktivitas saat masa karantina dapat melahirkan perasaan positive sehingga tidak mudah stres.

"Banyak hal yang dapat dilakukan, membaca buku, menonton film, series, melukis, menulis, olahraga bahkan bermain. Lakukan hobi yang masih bisa dilakukan saat karantina," kata Veronica saat dihubungi detikcom Jumat, (13/3/2020).

Veronica menambahkan mereka yang dikarantina harus tetap menjaga kesehatan dengan meminum vitamin, menjaga kebersihan, dan berolahraga.

"Jaga kesehatan tentunya, minum vitamin, jaga kebersihan, makan sehat bergizi, dan berolahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah," jelas Veronica.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)