Sabtu, 14 Mar 2020 15:38 WIB

Seperti DKI, 5 Negara Ini Juga Tutup Sekolah karena Corona

Siti Masluha - detikHealth
Sekolah Sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran virus corona. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengumumkan untuk menutup sekolah selama dua minggu pada Jumat (13/3/2020), setelah adanya satu pasien meninggal dunia positif virus corona. Hari ini, Sabtu (14/3/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga memutuskan hal yang sama sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Keputusan menutup sekolah di tengah wabah virus corona sebetulnya telah dilakukan oleh berbagai negara. Keputusan ini diambil mengingat penyebaran virus corona yang tinggi.

Berikut adalah beberapa negara yang telah memutuskan menutup sementara sekolah:

1. Italia

Italia pada awalnya memerintahkan sekolah-sekolah dan universitas-universitas untuk tutup hingga Minggu (15/3/2020). Namun demikian karena kondisi yang semakin parah akhirnya penutupan diperluas menjadi lockdown seluruh negeri.

2. Prancis

Negara ini menutup hampir 120 sekolah pada awal pekan Maret lalu. Hal ini juga dilakukan pemerintah Perancis demi memperlambat penyebaran virus corona.

3. Korea Selatan

Presiden Moon Jae-in menetapkan Korea Selatan dalam siaga satu corona pada akhir Februari lalu dan memutuskan untuk menutup sekolah di seluruh Korea pada tanggal 2 Maret hingga 22 Maret 2020.

4. Jepang

Jepang menghentikan hampir seluruh sekolah setelah Perdana Menteri Shinzo Abe memutuskan kegiatan belajar mengajar ditunda demi mencegah penyebaran virus corona. Seluruh sekolah diliburkan mulai 2 Maret hingga liburan musim semi 2020.

5. Iran

Pada Sabtu (22/2/2020), pemerintah Iran mengumumkan negara meliburkan sekolah, universitas dan pusat pendidikan di beberapa kota selama satu minggu.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)