Sabtu, 14 Mar 2020 19:25 WIB

Jemput Bola, Pemprov Jabar Lakukan Tes Corona untuk Masyarakat

Firdaus Anwar - detikHealth
Ridwan Kamil Pemprov Jabar akan laksanakan tes virus corona untuk masyarakat. (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melaporkan akan mulai proaktif lakukan tes virus corona COVID-19 di tengah masyarakat. Tes dilakukan pada mereka yang mungkin terlihat sehat namun aktivitasnya dinilai berisiko.

"Test dimulai kepada zona TKA dari Luar Negeri, para tenaga kesehatan yang merawat, mereka yang baru pulang dari luar negeri tertentu dan mereka yang merupakan keluarga atau kluster dari yang sudah terpapar positif covid-19," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya seperti dikutip pada Sabtu (14/3/2020).

Menurut Ridwan Kamil hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tujuannya untuk mengetahui apakah virus telah beredar di tengah masyarakat yang terlihat sehat.

"Prosedur ini sudah sesuai dengan arahan Presiden agar daerah diberi kesempatan untuk melakukan test sendiri, membantu litbangkes pusat," lanjut pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus diketahui meminta Jokowi meningkatkan respons Indonesia terhadap ancaman wabah virus corona. Salah satu hal yang disarankan adalah aktif berkomunikasi dengan masyarakat, perluas sistem pengawasan, hingga melakukan desentralisasi laboratorium.

"Ini termasuk melakukan pengetesan tidak hanya pada kasus-kasus yang memiliki hubungan langsung pada kasus positif, tapi semua pasien yang menderita gejala mirip influenza dan penyakit pernapasan parah lain," kata Tedros.



Simak Video "Mulai Senin, RSPI Sulianti Saroso Jadi Rumah Sakit Khusus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)