Senin, 16 Mar 2020 06:59 WIB

Kasus Makin Meningkat, Kenali Gejala Virus Corona dari Hari ke Hari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi virus Corona Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

Maraknya virus corona COVID-19 semakin membuat masyarakat khawatir dan panik. Tak jarang banyak di antara mereka merasa harus mengecek kesehatan ke rumah sakit.

Tapi, sebelum memeriksakan diri, ada baiknya mengetahui gejala-gejala yang menunjukkan adanya virus corona di dalam tubuh. Gejalanya, mulai dari demam, sesak napas, flu, hingga pneumonia.

Berdasarkan penelitian Pusat Pengendalian Penyakit di China, sekitar 80 persen kasus virus corona dianggap ringan, 15 persen kasus parah, dan 5 persen lainnya kritis. Hal ini ditunjukkan lewat gejala yang timbul tiap harinya.

Dikutip dari Business Insider, berikut ini beberapa gejala virus corona yang berkembang dari hari ke hari.

Hari pertama

Saat hari pertama setelah terinfeksi virus, pasien akan mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin ada yang mengalami mual serta diare, 1-2 hari sebelumnya.

Hari ke-5

Saat di hari ke-5, pasien akan mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas. Ini akan terjadi, terutama pada pasien yang lebih tua atau yang kondisi kesehatannya sudah memburuk. Selain itu, yang memiliki penyakit lainnya.

Hari ke-8

Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah, akan mengalami gejala yang semakin parah. Gejala yang timbul, seperti gangguan pernapasan akut, pneumonia, dan adanya cairan di dalam paru-paru.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]