Senin, 16 Mar 2020 15:01 WIB

Kemenkes Ungkap Sebaran Virus Corona di 8 Provinsi, Mana Saja?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi corona Virus corona terdeteksi di 8 provinsi Indonesia. (Foto: ilustrasi corona)
Jakarta -

Hingga kini sebanyak 117 orang telah terinfeksi virus corona COVID-19 di Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, sejumlah kasus tersebut berasal dari 8 provinsi.

"Untuk persebaran #COVID19 yakni Jakarta, Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung), Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Tengah (Solo), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Utara (Manado), Bali & Yogyakarta," ditulis dalam tweet akun resmi Kemenkes RI, Senin (16/3/2020).

Sebelumnya dikatakan sebanyak 21 orang yang dinyatakan positif virus corona pada hari Minggu (15/3), berasal dari Jakarta dan Jawa Tengah.

"Dua puluh satu kasus tersebut yakni 19 kasus di Jakarta dan 2 kasus di Jawa Tengah," jelas Kemenkes RI.

"Kasus di Jakarta merupakan hasil pengembangan contact tracing dari kasus sebelumnya," lanjutnya.

Tak hanya itu, beberapa hari kemarin masa observasi anak buah kapal (ABK) Diamond Princess sebanyak 68 orang dan World Dream sejumlah 188 orang di pulau Sebaru telah selesai dan dipulangkan ke daerah masing-masing.

Kemenkes RI pun mengatakan rencananya pada hari ini (16/3), sebanyak 57 ABK kapal Grand Princess dari Amerika Serikat akan diobservasi di Natuna.

"Di rencanakan, Senin mereka akan tiba di tanah air dan langsung dilakukan observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau," pungkasnya.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)