Senin, 16 Mar 2020 19:04 WIB

Waspada Corona, Begini Cara Cek Suhu Tubuh Normal yang Benar

Muhammad Rifqie Putra - detikHealth
PSS Sleman Cek Suhu Tubuh Cek suhu tubuh untuk cegah virus Corona. Foto: (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Jakarta -

Pemeriksaan akan suhu tubuh marak dilakukan setelah per tanggal 2 Maret 2020, Indonesia memiliki pasien positif Corona. Memahami suhu tubuh normal sangat penting untuk mengetahui gejala terkena virus Corona apa tidak, karena suhu tubuh abnormal merupakan salah satu gejala awal virus Corona ini.

Dilansir dari Medical News Today, suhu tubuh manusia diatur oleh bagian otak bernama hipotamalus. Selama ini banyak orang menganggap bahwa suhu normal manusia berada pada titik 37 derajat celcius. Padahal kenyataannya suhu normal dari manusia berada di kisaran 36,5 - 37,2 derajat celcius. Perlu diketahui juga bahwa suhu tubuh normal manusia bisa berubah sepanjang waktu, suhu tersebut bisa juga lebih tinggi atau rendah.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengukur suhu tubuh normal dengan menggunakan thermometer.

Berikut jenis-jenis thermometer yang bisa digunakan:

1. Termometer Telinga

Berbentuk kerucut dan digunakan pada telinga. Suhu tubuh bisa terlihat di layer digital dalam hitungan detik.

2. Termometer Elektronik

Terbuat dari plastik dan ujungnya menyerupai pensil. Termometer ini dapat digunakan di ketiak, mulut, atau anus.

3. Termometer Dahi

Termometer ini menggunakan suhu kulit untuk menentukan suhu tubuh. Penggunaan termometer berbentuk tipis ini cukup ditempel pada dahi.


4. Termometer Arteri Tempel

Bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada bagian dahi.


5. Termometer Sekali Pakai


Jenis ini bisa dipakai sekali di mulut atau rektum. Bisa juga dipakai untuk mengukur suhu terus-menerus selama 48 jam pada kulit bayi. Namun keakuratan thermometer ini tidak sama dengan elektronik dan telinga


6. Termometer Dot

Berbentuk seperti dot bayi. Cukup letakkan termometer ini pada mulut si bayi saat mengukur suhu. Namun alat ini kutang efektif karena membutuhkan waktu lama untuk melihat hasilnya.


Kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta terkait dengan suhu tubuh manusia:


1. Suhu Tidak Selalu Sama

Meski normalnya suhu tubuh di angka 36,6 derajat Celcius, pakar kesehatan menyebut suhu tubuh kita bisa berubah-ubah dari 36,5 hingga 37,5 derajat Celcius.

2. Suhu Tubuh Naik Ketika Merokok

Hal ini akibat oleh suhu bara di ujung rokok yang bisa mencapai 95 derajat Celcius sehingga asap yang dihisap oleh tubuh juga berada dalam kondisi hangat.

3. Suhu Tubuh Naik Ketika Berbohong

Hal ini disebabkan oleh denyut jantung yang meningkat dan membuat sirkulasi darah berlangsung lebih cepat.

4. Suhu Tubuh Menurun Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Jika tubuh mengalami penurunan suhu sekitar 1-2 derajat saat tidur, maka aktifitas tidur akan berjalan dengan baik dan akhirnya berimbas pada tidur yang lebih nyenyak.

Mengetahui keadaan suhu tubuh normal sangat penting apalagi di masa-masa saat ini. Jika suhu tubuh sudah masuk ke 38 derajat celcius disertai batuk atau flu sebaiknya cepat periksa ke dokter dan gunakan masker serta hindari bepergian keluar rumah.

Jadi sediakan setidaknya termometer dan hand sanitizer untuk mengantisipasi virus Corona sehingga Anda bisa mengetahui apakah suhu Anda aman dari gejala virus Corona atau tidak.



Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)