Senin, 16 Mar 2020 19:33 WIB

Fungsi Antiseptik untuk Cegah Virus Corona

Mega Wulandari - detikHealth
Cuci Tangan Pakai Vodka Antiseptik. Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus Corona Covid-19 sudah mewabah di banyak negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah ada 117 kasus positif virus corona, delapan orang dinyatakan sembuh dan lima orang meninggal dunia.

Virus corona dapat menyerang siapa saja, namun ada beberapa cara untuk mencegahnya. salah satunya menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan yang benar sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah bersin atau batuk, dapat menghindari diri dari bakteri penyebab penyakit.

Dianjurkan menggunakan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 20 detik. Mencuci tangan selama paling tidak 20 detik dapat mengurangi atau menghilangkan lebih banyak kuman daripada dengan waktu yang singkat.

Namun, kamu juga bisa menggunakan produk hand sanitizer atau cairan pencuci tangan dengan kadar alkohol 70 persen jika tidak memungkinkan menggunakan air dan sabun.

Antiseptik untuk cegah virus corona.Antiseptik untuk cegah virus corona. Foto: Esti Widiyana

Antiseptik sendiri ialah senyawa kimia untuk membunuh atau menghambat perkembangan bakteri yang hidup seperti pada permukaan kulit. Antiseptik biasa dipakai untuk tubuh. Penggunaannya pun disarankan ketika terjadi epidemi penyakit untuk membunuh virus atau bakteri yang menempel pada tangan.

Selain berfungsi untuk mencuci tangan, antiseptik juga dapat digunakan untuk membersihkan ruang operasi baik sebelum maupun sesudah tindakan operasi dilakukan. Lalu, membersihkan bagian yang disiapkan untuk disuntik baik sebelum maupun sesudah.

Berikut cara penggunaan sabun dan cairan pencuci tangan yang mengandung antiseptik untuk mencegah virus Corona :

1. Cuci Tangan dengan Sabun


Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik sangat dianjurkan untuk memperlambat penyebaran penyakit terlebih saat virus Corona sedang mewabah.

Caranya, basahkan seluruh tangan dengan air mengalir. Kemudian, tuang sabun secukupnya. Gosokan sabun pada permukaan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, kuku jari, pergelangan tangan dan ibu jari dengan posisi memutar. Gosokan tangan yang bersabun dengan air dan keringkan dengan tisu sekali pakai.

Cuci tangan dengan sabun antiseptik yang benar.Cuci tangan dengan sabun antiseptik yang benar. Foto: Dok. Kemenkes RI

2. Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer

Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang mengandung antiseptik tidak dapat membunuh semua jenis kuman atau tidak seampuh cuci tangan dengan air dan sabun.

Caranya dengan mengusap hand sanitizer ke seluruh bagian tangan. Lalu gosokan pada seputaran tangan termasuk sela-sela jari selama 20 detik. Setelah diusap pada bagian tangan, biarkan mengering sendiri.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)