Selasa, 17 Mar 2020 05:00 WIB

Beredar Penampakan Paru-paru Pasien Virus Corona Pertama di Italia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Ilustrasi virus corona COVID-19 (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sebuah laporan ilmiah mengungkap penampakan paru-paru 2 pasien pertama virus corona COVID-19 di Italia. Keduanya adalah warga Wuhan yang sedang berlibur ke Eropa.

Kedua pasien adalah pria sehat 67 tahun, serta perempuan 65 tahun yang juga sehat meski mengonsumsi obat hipertensi. Keduanya terdiagnosis positif virus corona CODID-19 pada 29 Januari 2020.

Para ilmuwan di National Institute of Infectious Diseases mengungkap hasil pemindaian X-ray dan CT Scan yang menunjukkan kerusakan paru-paru pada keduanya. Izin untuk mempublikasikan foto tersebut, seperti tertulis dalam catatannya, didapat dari anak masing-masing pasien.

(Geser slider untuk membandingkan)

Setelah mengeluhkan masalah pernapasan dan menjalani pemeriksaan, kedua pasien terindikasi mengalami Adult Respiratory Distress Syndrome (ADRS). Hanya dalam 4 hari, keduanya mengalami kegagalan pernapasan, dan 2 hari kemudian hanya bisa bernapas dengan ventilator.

Pemindaian awal menunjukkan adanya 'ground-glass opacities' yakni rongga udara di paru yang terisi cairan. Fenomena yang disebut 'crazy paving' juga teramati, menandakan adanya penebalan yang mengganggu kinerja paru.

Beredar Penampakan Paru-paru Pasien Virus Corona Pertama di ItaliaFoto: Sciencedirect

Pembuluh yang mengangkut darah kaya oksigen dari jantung ke paru juga tampak melebar atau hipertrofi. Gejala tersebut kemungkinan berhubungan dengan hyperemia, yakni kelebihan darah di pembuluh paru yang disebabkan oleh infeksi virus.

"Bukti radiologis baru ini menunjukkan pola yang berbeda dari yang teramati pada infeksi virus corona berat lainnya (SARS dan MERS)," tulis para peneliti, dikutip dari Sciencedirect.

Beredar Penampakan Paru-paru Pasien Virus Corona Pertama di ItaliaFoto: Sciencedirect


Simak Video "Negara Bebas Corona, Mana Saja Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)