Selasa, 17 Mar 2020 14:03 WIB

Vanessa Angel 'Tersandung' Psikotropika, Apa Sih Bedanya dengan Narkotika?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Vanessa Angel dan Bibi (Instagram vanessaangelofficial) Foto: Vanessa Angel dan Bibi (Instagram vanessaangelofficial)
Jakarta -

Lagi, selebritis Vanessa Angel harus berurusan dengan kepolisian. Dari Vanessa, polisi mengamankan sejumlah obat psikotropika.

"Iya betul yang bersangkutan kami amankan bersama suami dan asistennya," kata Kapolres Jakbar Audie S Latuheru kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Vanessa dan suami beserta asisten diamankan di suatu tempat di Jakarta. Hingga kini ketiganya masih dalam pemeriksaan.

Pihak kepolisian pun mengamankan barang bukti berupa obat-obatan psikotropika. Apakah psikotropika itu sama seperti narkotika?

Menurut ahli kesehatan jiwa dr Andri SpKJ, FAPM, dari Omni Hospitals Alam Sutera, psikotropika berbeda dengan narkotika.

"Perbedaan antara narkotika dan psikotropika itu ada bisa kita cari di undang-undang. Jenisnya apa itu bisa dilihat," kata dr Andri.

Secara umum dr Andri menyebut narkotika adalah obat-obatan yang biasanya digunakan untuk nyeri sementara psikotropika dipakai untuk obat penenang.

"Sering kali jadi masalah awam itu menggunakan istilah bahwa obat-obatan psikiatri, obat-obatan dokter jiwa, yang diberikan kepada pasien itu dianggap narkotika/narkoba," jelas dr Andri.

"Ini yang salah karena kalau misalnya obat itu narkotika atau narkoba sudah pasti bukan cuma pasiennya yang ditangkap tapi dokternya juga karena disebut bandar narkoba dong," pungkasnya.



Simak Video "Kemenkes Sebut Ganja Masih Golongan Narkotika 1"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)