Rabu, 18 Mar 2020 11:43 WIB

Mahasiswa di Makassar Bagikan Tips Bikin Hand Sanitizer dari Daun Mangrove

Hermawan Mappiwali - detikHealth
hand sanitizer Hand sanitizer ramai digunakan untuk cegah virus corona. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Makassar -

Mahasiswa UNM (Universitas Negeri Makassar) menciptakan inovasi produk hand sanitizer dari daun mangrove. Produk ini berbeda karena biasanya produk hand sanitizer terbuat dari bahan daun lidah buaya.

Salah seorang mahasiswa, Monika pun sempat memperlihatkan cara membuat produk hand sanitizer berbahan daun mangrove. Pembuatan produk tersebut dimulai dengan membuat ekstrak daun mangrove.

Ekstrak daun mangrove, dibuat dengan cara membersihkan dan mengeringkan daun mangrove lebih dulu. Durasi pengeringan memakan waktu empat hari lamanya.

Jika sudah kering, daun mangrove akan dihancurkan seperti serbuk daun bakau menggunakan alat blender. Lalu pada tahap akhir, serbuk daun mangrove disaring hingga halus.

Setelah membuat ekstrak daun mangrove, bahan lainnya yang mesti dipersiapkan ialah carboksil metil selulosa atau CMC NA, lalu akuades, gliserin, propilen glikol, serta alkohol 96 persen.

Untuk proses pembuatan tahap akhir, dapat dimulai dengan mencampurkan CMC NA dan akuades lalu dipanaskan. Campuran kedua bahan ini harus ditunggu dingin agar dapat dicampurkan lagi dengan bahan gliserin dan propilen glikol.

Untuk selanjutnya campuran bahan di atas diaduk merata, lalu ditambahkan alkohol 96 persen sebanyak 60 persen ke dalam produk. Selanjutnya, ekstrak daun mangrove yang telah dibuat tadi dimasukkan ke dalam produk.

"Jadi fungsi bahan-bahan di atas ialah untuk membentuk gel, kecuali alkohol dia anti mikroba, kalau ektrak daun mangrove dia juga anti mikroba plus anti oksidan," ujar Monika.

"Terakhir, produk ini bisa ditambahkan esensial oil sebagai pewangi, tapi esensial oil bisa ditambahkan bisa tidak," pungkas Monika.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)