Rabu, 18 Mar 2020 13:22 WIB

Cara Menjaga Kebersihan Diri Saat Pandemi Virus Corona

Lusiana Mustinda - detikHealth
Close-up of washing hands. Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher
Jakarta -

Virus Corona telah menjangkit banyak orang di hampir seluruh dunia. Kini di Indonesia total kasus yang positif Corona jumlahnya melonjak hingga 172 orang.

Ketika pandemi Corona berlangsung, salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena jika tidak menjaga kebersihan, virus yang menempel dari benda-benda yang kamu sentuh akan lebih mudah menginfeksi tubuh.

Apalagi bagi kamu yang masih bekerja tentunya menjaga kebersihan diri jadi hal wajib yang dilakukan. Misalnya, setelah melakukan perjalanan dengan transportasi umum, sesampainya di rumah langsung mandi dan mengganti pakaian. Selain itu biasakan juga mencuci tangan dengan sabun dan bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Dikutip dalam NDTV, berikut cara menjaga kebersihan diri agar terhindar dari virus dan penyakit:

1. Sering Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Ada banyak sekali kuman dan virus yang mungkin menempel pada tangan kita. Sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan lebih sering menjadi salah satu tips kebersihan diri yang penting. Ada produk-produk yang dapat menjaga kehigienisan tangan seperti gel sanitasi berbasis alkohol yang bisa berguna ketika air tidak tersedia.

Pastikan kamu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, membuang sampah, batuk, bersih, sebelum membuat makanan dan setelah makan.

2. Mandi Secara Teratur

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Salah satu tips menjaga kebersihan diri sendiri adalah dengan mandi setiap hari. Menggosok tubuh dengan sabun dan mencucinya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga semua kuman dan virus yang mungkin menempel akan hilang. Selain itu, kotoran dan keringat juga akan bersih setelah mandi.

3. Sikat Gigi

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Menjaga kebersihan diri yang lainnya bisa kamu lakukan dengan sikat gigi minimal dua kali sehari. Menyikat gigi secara teratur dapat menyebabkan penyakit pada gigi, gusi ataupun area mulut.

Pastikan kamu menyikat gigi setelah konsumsi makanan manis atau asam yang bisa menyebabkan erosi pada gigi. Flossing juga penting untuk menjaga mulut kamu tetap bersih dan sehat dan merupakan sesuatu yang direkomendasikan oleh semua dokter gigi. Jangan lupa menggunakan obat kumur untuk mengoptimalkan kebersihan mulut.

4. Potong Kuku

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Kuku panjang yang tidak higienis dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Semua kotoran dan kuman yang menumpuk di kuku panjang sangat tidak sehat dan berbahaya. Memotong kuku secara teratur adalah tips menjaga kebersihan diri yang penting.

5. Membersihkan Rambut

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Untuk rambut panjang, kebersihan tentu jadi yang utama. Cucilah rambut secara teratur. Sebaiknya lakukan mencuci rambut dua kali atau tiga kali seminggu tergantung dari kualitas rambut. Jika kulit kepala lebih berminyak sebaiknya lebih sering keramas agar tak lepek.

6. Bersihkan Wajah

Menjaga kebersihan diri.Menjaga kebersihan diri. Foto: Getty Images/skynesher

Kulit wajah lebih sensitif daripada bagian tubuh yang lain. Mencuci muka setidaknya tiga kali sehari. Pilih pembersih wajah atau cuci dengan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kamu. Hindari produk yang mengandung alkohol tinggi karena dapat menyebabkan kulit kering.

Selain itu, menjaga kebersihan diri dalam Islam juga penting dan menjadi bagian dari keimanan.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)