Rabu, 18 Mar 2020 19:23 WIB

Peneliti Sebut Golongan Darah Ini Resisten Terinfeksi Virus Corona

Niken Widya Yunita - detikHealth
WHO menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Pasalnya virus corona telah menyebar ke ratusan negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Foto: Pradita Utama/Peneliti Sebut Golongan Darah Ini Resisten Terinfeksi Virus Corona
Jakarta -

Peneliti di China menyebutkan pemilik golongan darah O disebut lebih resisten terinfeksi virus corona. Sedangkan pemilik golongan darah A disebut lebih rentan terinfeksi virus corona.

Dilansir dari South China morning Post, tim peneliti mengambil sampel darah dari lebih 2 ribu pasien positif virus corona di Wuhan dan Shenzhen, China. Mereka membandingkan darah pasien terjangkit dengan warga yang sehat wal afiat.

Mereka menemukan bahwa pasien golongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan cenderung mengalami gejala yang lebih parah.

"Orang-orang dengan golongan darah A mungkin perlu secara khusus memperkuat perlindungan pribadi dengan mengurangi risiko kemungkinan infeksi," tulis para peneliti yang dipimpin oleh Wang Xinghuan dengan Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan.

Pasien golongan A yang terinfeksi virus corona juga perlu menerima pengawasan ketat dan perawatan insentif.

Sebaliknya, golongan darah O memiliki risiko yang secara signifikan lebih rendah untuk penyakit menular dibandingkan dengan golongan darah non O.

Namun penelitian ini dikritik oleh Gao Yingdai. Dia adalah seorang peneliti dari Laboratorium Kunci Negara Hematologi Eksperimental di Tianjin yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Gao mengatakan sampel penelitian kurang banyak. Kini sudah ratusan ribu orang di dunia terinfeksi virus corona. Selain itu, penelitian itu tidak memberikan penjelasan yang jelas tentang fenomena tersebut, seperti interaksi molekuler antara virus dan berbagai jenis sel darah merah.

Gao pun memberi saran untuk kamu yang bergolongan darah O. Golongan darah A pun turut diberi sarannya terkait virus corona.

"Jika kamu bergolongan darah A, tidak perlu panik. Itu tidak berarti kamu akan terinfeksi 100 persen. Jika kamu bergolongan darah O yang disebut resisten corona, itu tidak berarti kamu juga benar-benar aman. Anda masih perlu mencuci tangan dan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh pihak berwenang," katanya.



Simak Video "Ilmuwan China Yakin Vaksin Corona akan Bekerja 99%"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)