Kamis, 19 Mar 2020 08:50 WIB

Sudah Mulai Bosan 'Work from Home'? Ikuti 5 Tips Penangkal Stres Berikut

Anjar Mahardhika - detikHealth
Before After Destinasi wisata dunia Setelah Corona Virus corona memaksa masyarakat dunia untuk diam di rumah. (Foto ilustrasi: Reuters)
Jakarta -

Virus corona COVID-19 telah membuat kepanikan dalam masyarakat. Ketidakpastian dan berita terus-menerus tentang pandemi ini terasa tanpa henti. Selain dampak langsung dari virus, pandemi ini juga berdampak buruk pada kesehatan mental masyarakat.

Mengutip dari BBC, ini beberapa tips yang dapat melindungi kesehatan mental kita terkait mewabahnya virus corona.

1. Batasi berita dan berhati-hati dengan apa yang dibaca terkait virus corona

Membaca banyak berita tentang virus corona COVID-19 dapat membuat kecemasan yang semakin berlebihan. Jadi batasi jumlah waktu yang dihabiskan untuk membaca atau menonton mengenai virus ini yang tidak membuat anda merasa baik. Ada banyak informasi yang salah beredar di tengah masyarakat. Tetap berpegang pada informasi yang akurat dari situs pemerintahan hingga media yang kredibel.

2. Istirahat dari media sosial

Banyak informasi salah mengenai virus ini yang beredar di sosial media. Saatnya rehat sejenak dari sosial media. Bisukan kata kunci yang berhubungan virus corona di twitter. Bisukan grup WhatsApp yang banyak mengirimkan informasi berlebihan mengenai virus ini.

3. Cuci tangan, tapi jangan berlebihan

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan anjuran mencuci tangan dengan sabun secara teratur selama 20 detik. Bukan secara terus menerus, yang akan membuat seseorang semakin merasa panik.

4. Tetap melakukan hubungan baik dengan banyak orang

Mengisolasi diri sendiri bukan berarti harus menghindari dari semua orang. Pastikan anda tetap melakukan hubungan baik, mulai dari menanyakan kabar orang-orang di sekitar kita meskipun tidak bertatap muka.

5. Hindari kelelahan

Wabah virus corona sudah berlangsung cukup lama. Masyarakat dibuat kelelahan memiliki kecemasan. Pastikan anda memilki waktu untuk beristirahat yang baik. Selain kondisi tubuh, pikiran juga harus dijaga agar kesehatan mental tetap baik.



Simak Video "Work From Home Bisa Picu Burnout, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)