Kamis, 19 Mar 2020 18:46 WIB

Tak Punya Alat, RSUD Brebes Belum Bisa Kirim Sampel Suspect Corona

Imam Suripto - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Ilustrasi virus corona (Foto: AP Photo)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona
Brebes -

Sejak menangani pasien suspect virus corona Covid-19, RSUD Brebes belum sekalipun mengirim sampel dahak hasil swab untuk diuji di laboratorium Balitbang Kemenkes. Pihak RSUD beralasan, tidak memiliki media untuk membawa sampel dahak hasil swab atau VTM (Viral Transport Media).

Semua pasien yang masuk hanya sebatas dikarantina di ruang isolasi. Pemeriksaan lanjutan untuk menentukan positif tidaknya pasien corona belum bisa dilakukan karena tidak adanya VTM.

"Untuk pemeriksaan swab kita belum bisa melakukannya. Karena terkendala tidak adanya VTM (viral transport media atau media untuk membawa sampel dahak hasil swab). Kami belum dapat kiriman VTM dari kemenkes. Ini kasie kami sedang coba, cari barangkali bisa untuk beli sendiri," ujar dr Rasipin, Wadir Pelayanan RSUD Brebes.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono saat ditemui di kantornya membenarkan tidak adanya media untuk mengirim sampel swab pasien. Selama ini, semua pasien suspect covid-19 hanya sebatas dikarantina dan diobati biasa.

"Media transport sampelnya sulit didapat. Sampai hari ini kita belum dapat juga. Mohon doanya semua," kata Sartono.

Selama menunggu pengambilan dan pemeriksaan swab dari petugas litbang Kemenkes, kata Sartono, pasien isolasi tetap dirawat sebaik mungkin. Jika kondisi membaik akan dipulangkan tanpa menunggu hasil uji laboratorium.

"Mudah mudahan membaik dan bisa pulang, meski setelah pulang hasil lab-nya belum keluar," terang Sartono.

Sementara hingga Kamis sore, pasien suspect corona yang dirawat bertambah menjadi 4 orang. Pasien terakhir masuk berasal dari Kecamatan Bumiayu.



Simak Video "Percepat Target Vaksin COVID-19, WHO: Butuh Dana Rp 449 T"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona