Kamis, 19 Mar 2020 20:01 WIB

9 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Mujarab

Puti Yasmin - detikHealth
Sakit tenggorokan Obat Radang Tenggorokan/Foto: shutterstock
Jakarta -

Radang tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Sakit ini tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang sehingga harus segera diobati agar sembuh.

Penyakit radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi dalam tenggorokan dan bisa menular. Penularan bisa terjadi karena aktivitas yang melibatkan air liur.

Obat radang tenggorokan:

1. Kumur Air Garam

Obat radang tenggorokan yang pertama bisa dengan kumur-kumur air garam. Cara ini cukup mudah dilakukan karena cukup mencampur air yang telah dilarutkan dengan satu sendok teh garam.

Kumur-kumur dengan air tersebut hingga merasa lebih baik. Air garam diketahui bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bengkak pada tenggorokan.

2. Minum Air Jahe

Obat radang tenggorokan herbal yang lainnya adalah air jahe. Air tersebut bisa dicampur dengan madu dan teh untuk menambah khasiat. Rasa hangat yang dibuat jahe dapat membuat tenggorokan menjadi lebih enak.

3. Makan Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat radang tenggorokan. Walaupun berbentuk kecil, bawang putih memiliki kandungan seperti allicin hingga vitamin untuk membunuh bakteri penyebab radang.

4. Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa jadi obat sakit tenggorokan dan batuk. Air hangat bisa masuk ke dalam pori-pori dan memberikan efek nyaman kepada pasien yang sedang sakit.

5. Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih juga sangat dibutuhkan. Air putih bisa memenuhi cairan dalam tubuh yang berkurang di kala sakit dengan begitu tubuh akan fit seperti sedia kala.

6. Kumur Air Kunyit

Obat radang tenggorokan akut juga bisa diatasi dengan air kunyit. Caranya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok kunyit dan 1/2 sendok teh garam dalam dan kumur hingga beberapa kali.

7. Minum Jus Lemon

Buah lemon mengandung astringent yang dapat mengatasi pembengkakan pada radang tenggorokan. Cukup campurkan satu sendok jus lemon ke dalam air hangat dan minum hingga badan merasa lebih baik.

8. Makan Sop Ayam

Sop ayam bisa menjadi obat radang tenggorokan anak. Selain untuk mengisi tenaga, sop ayam mengandung vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga radang tenggorokan bisa sembuh.

9. Kumur Cuka Apel

Obat radang tenggorokan yang terakhir dengan kumur cuka apel. Campurkan satu cuka sari apel dengan dua sendok teh garam dengan satu gelas air. Kumur-kumur hingga tubuh merasa lebih baik.



Simak Video "BPOM Temukan 48 Ribu Iklan Obat Ilegal, Termasuk Herbal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)