Jumat, 20 Mar 2020 12:58 WIB

Kolaps Tangani Krisis Corona, Menteri Kesehatan Belanda Mundur

Firdaus Anwar - detikHealth
Dutch Minister Bruno Bruins for Medical Care (VVD) speaks during a debate about the developments surrounding the coronavirus, in The Hague, the Netherlands, on March 18, 2020. (Photo by Phil NIJHUIS / various sources / AFP) / Netherlands OUT (Photo by PHIL NIJHUIS/ANP/AFP via Getty Images) Menkes Bruno Bruins yang memimpin penanganan corona di Belanda mundur. (Foto: ANP/AFP via Getty Images/PHIL NIJHUIS)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Belanda untuk layanan medis, Bruno Bruins (56), mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini ia umumkan pada hari Kamis (19/3/2020) usai sehari sebelumnya mengalami kolaps akibat kelelahan bekerja memimpin penanganan virus corona COVID-19.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan Bruno mundur dari posisinya karena tidak tahu kapan bisa pulih dan kembali bertugas. Sementara itu wabah virus corona terus menyebar sehingga dibutuhkan segera sosok yang bisa memimpin upaya penanganan.

"Sifat dari krisis ini menuntut seorang menteri yang siap untuk langsung tancap gas," kata Mark seperti dikutip dari Reuters, Jumat (20/3/2020).

Bruno diketahui kolaps saat melakukan rapat parlemen membahas penanganan virus corona pada Rabu (18/3/2020). Rekaman video menunjukkan menteri lain langsung menghampiri dan membantu Bruno.

"Saya rasanya ingin pingsan karena kelelahan dan minggu-minggu yang intens. Sekarang saya sudah lebih baik. Saya akan pulang untuk beristirahat sebentar supaya besok bisa kembali melawan virus corona," tulis Bruno di media sosial

Pemerintah Belanda menunjuk Wakil Perdana Menteri Hugo de Jonge untuk sementara menggantikan tugas Bruno.

Pada hari Kamis, Belanda mencatat ada penambahan 409 kasus baru yang membuat total infeksi virus corona ada di angka 2.460.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)