Jumat, 20 Mar 2020 15:18 WIB

Cegah Corona, Relawan Sediakan Cotton Bud di Lift untuk Tekan Tombol

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
cotton bud Foto: Facebook Voluntary Community Patrol/SS Viral
Jakarta -

Bagi masyarakat perkotaan, lift kerap kali digunakan terlebih bagi mereka yang tinggal di apartemen. Tombol lift pun dianggap tempat kontaminasi virus corona COVID-19 yang cukup tinggi karena sering disentuh oleh orang lain.

Meski telah banyak yang menyadari pentingnya kebersihan di tengah wabah virus corona, tetap ada orang yang tidak bertanggungjawab yang beberapa kali meludah di tombol lift sehingga menulari manusia lainnya.

Melihat fenomena tersebut, sekelompok sukarelawan asal Singapura yang tergabung dalam komunitas Voluntary Community Patrol, telah meletakkan satu kotak cotton bud atau korek kuping di beberapa lift apartemen di Singapura. Penghuni disarankan mengambil cotton bud untuk menekan tombol lift dan membuangnya ke kotak plastik yang sudah disediakan.

Mereka memposting kegiatannya dan diunggah di media sosial Facebook.

"Sebagai langkah eksperimental untuk mencegah penyebaran virus corona saat ini, proyek sukarelawan baru 'PICK A BUD, PRESS A BUTTON' bertujuan untuk menggunakan korek kuping sekali pakai untuk menghindari menyentuh tombol dengan jari telanjang," tulis akun Voluntary Community Patrol di akun Facebook pribadinya. Unggahan tersebut telah dibagikan 600 kali oleh pengguna lain.

Relawan juga mengunggah gambar bahwa yang memasang cotton bud di lift dalam keadaan sehat dan tidak membahayakan masyarakat. Inisiasi ini datang karena masyarakat banyak yang takut dengan perilaku yang mengancam. Sebab beberapa remaja di Singapura ditangkap setelah meludahi tombol lift belum lama ini.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)