Jumat, 20 Mar 2020 19:07 WIB

Lembaga Eijkman Disebut Layani Tes Corona Gratis, Ini Faktanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Eijkman terkait tes virus corona COVID-19 LBM Eijkman bisa melakukan tes virus corona COVID-19 (Foto: 20Detik)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona
Jakarta -

Pemerintah telah memberikan wewenang kepada Lembaga Biologi Molekuler (LBM)) Eijkman Institute untuk melakukan tes virus corona COVID-19. Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Namun jangan salah sangka lantas berbondong-bondong datang ke LBM Eijkman untuk dites corona. Sebab LBM Eijkman hanya melakukan pemeriksaan sampel dari pasien terduga virus corona yang dikirimkan dari rumah sakit.

"Kami hanya menerima sampel dari rumah sakit, jadi kalau ada orang yang merasa ada kontak dan berbagai gejalanya itu sebaiknya ke rumah sakit dulu. Nanti rumah sakit yang menentukan apakah perlu diperiksa atau tidak," kata Direktur LBM Eijkman, Prof Amin Soebandrio kepada detikcom, Jumat (20/3/2020).

"Jadi bukan orangnya yang datang ke Eijkman," terangnya.

Prof Amin juga menjelaskan lamanya proses penelitian akan berlangsung sekitar dua hari setelah LBM Eijkman menerima sampel pasien dari rumah sakit.

"Paling singkat dua hari, misalnya tanggal 18 (sampel) masuk, tanggal 19 diperiksa, tanggal 20 hasilnya sudah ada. Hasilnya pun akan diberitahukan ke rumah sakit yang mengirim," pungkasnya.



Simak Video "Jangan Terkecoh! Lembaga Eijkman Bukan Tempat Tes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona