Jumat, 20 Mar 2020 19:47 WIB

Tenaga Medis Bertumbangan, FKUI Kumpulkan Relawan Bantu RS Tangani Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aneka Foto Kampanye Dokter Tetap Kerja Lawan Corona Momen para tenaga kesehatan menyampaikan pesan untuk tetap di rumah bagi yang tidak berkepentingan selama wabah virus corona COVID-19. Foto: (Twitter)
Jakarta -

Melonjaknya kasus virus corona COVID-19 membuat kewalahan tenaga medis yang bertugas. Banyak di antaranya yang kelelahan, bahkan positif tertular virus corona.

Gubernur DKI Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balaikota DKI Jakarta mengatakan 25 tenaga medis telah dinyatakan positif tertular virus corona.

"Ada 25 tenaga medis yang di Jakarta yang terkonfirmasi positif COVID-19, satu meninggal," kata Anies, Jumat (20/3/2020).

Menyikapi situasi tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr Ari Fahrial Syam mengatakan telah mengundang para mahasiswa dan alumni untuk menjadi relawan.

"Saat ini telah terdaftar 150 dokter yang akan membantu ke rumah sakit," kata Prof Ari yang menyebut pandemi COVID-19 ini sebagai masa-masa tersulit sepanjang kariernya sebagai dokter.

Ia mengakui, tantangan yang dihadapi para tenaga kesehatan cukup berat pada masa-masa seperti ini. Kondisi sebagian besar dari mereka sudah kelelahan dan harus menghadapi risiko tinggi untuk tertular.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)