Sabtu, 21 Mar 2020 10:14 WIB

Corona Jangkiti Pegawai Bank, Amankah Pegang Uang Kertas?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi Uang Rupiah Uang kertas bisa saja menularkan virus corona. (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta -

Seorang pegawai Bank Permata dilaporkan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Saat ini karyawan tersebut tengah dalam pengawasan dan perawatan tim medis.

"Kami dapat konfirmasikan bahwa salah satu karyawan Bank positif terkena virus COVID-19. Karyawan tersebut saat ini sudah di bawah perawatan tim medis dan sedang dipantau manajemen," kata Head of Corporate Affairs Bank Permata, Richele Maramis, Jumat (20/3/2020).

Hingga kini penyebab penularan virus corona pada karyawan itu belum diketahui dengan pasti. Namun berbagai kemungkinan tetap bisa terjadi, salah satu yang dicurigai adalah penularan melalui uang kertas.

Lantas bisakah virus corona menular melalui uang kertas?

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, virus corona bisa saja menular melalui uang kertas, karena kemampuannya dalam bertahan hidup di atas permukaan.

"Penularan corona ini adalah melalui droplet. Jadi ketika saya berbicara itu ada percikan. Percikan seperti itulah bisa menular apabila mengandung virus," kata Prof Ari dalam konferensi pers daring FKUI Peduli Covid-19 pada Jumat (20/3/2020).

"Misalnya kita terpercik pada uang kita, nah tinggal berapa lama uang ini. Kalau dalam hitungan menit kemudian uang itu dipegang lagi oleh orang lain, kemudian orang tersebut langsung menggaruk hidungnya, ada potensi itu bisa menular," lanjutnya.

Namun Prof Ari juga menjelaskan meski bisa menular melalui uang kertas, virus corona tidak akan bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama di atas permukaan.

"Tapi kalau uang itu sudah lama berada di dompet, saya rasa kita tidak usah takut," pungkasnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)