Sabtu, 21 Mar 2020 10:16 WIB

Tak Perlu Fobia Corona, Pola Makan Sehat Bisa Jadi Penangkalnya

Akfa Nasrulhak - detikHealth
pola makan Foto: iStock
Jakarta -

Virus Corona kini tengah merebak ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk tetap waspada dengan menjaga kekebalan tubuh agar tak mudah tertular virus.

Waspada bukan berarti terlalu takut sehingga membuat kita fobia Corona. Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita mengatakan ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jika stres yang berlebihan sangat tidak baik buat kesehatan. Mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan psikis dengan meningkatkan risiko menurunnya sistem kekebalan tubuh.

"Stres bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol dalam tubuh bisa membuat sistem imun melemah. Selain itu, saat stres zat gizi seolah digunakan berlebih oleh tubuh. Padahal, zat gizi tersebut diperlukan untuk membangun imunitas sehingga akhirnya imunitas turun," jelas dr Adeline kepada detikHealth, Sabtu (21/3/2020).

"Ketika sistem kekebalan tubuh telah menurun, hal ini memungkinkan membuat seseorang lebih mudah terserang suatu penyakit, umumnya yaitu akibat virus," lanjutnya.

Untuk mencegah penularan virus, sebaiknya masyarakat terus menggerakkan hidup sehat. Begitu banyak hal-hal yang mempengaruhi pola hidup seseorang di antaranya aktivitas sehari-hari, pekerjaan serta makanan. Salah satu pola hidup sehat yang dapat dilakukan adalah menjalankan pola makan yang baik seperti beralih ke makanan-makanan yang lebih menyehatkan dan memberi nutrisi.

"Makanan sehat yang kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut adalah yang mengandung gizi seimbang," ujar dr Adeline.

Lebih lanjut dr Adeline menjelaskan gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebagaimana dianjurkan oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kementerian Kesehatan, yaitu dengan menggunakan ukuran satu piring yang dibagi menjadi empat bagian.

"Bagian tersebut terdiri atas 1/4 porsi piring sumber karbohidrat, 1/4 porsi porsi protein rendah lemak, lebih dari 1/4 porsi sayuran, dan kurang dari 1/4 porsi buah," jelasnya.

Selain dari jenis makanan, jangan lupa untuk melewatkan atau menunda makan, dan pastikan untuk menjadwalkan makanan ringan. Jika Anda mengabaikan perasaan lapar, Anda mungkin akan makan terlalu banyak atau memilih camilan yang tidak sehat.

Konsumsi snack sudah menjadi kebutuhan masa kini agar tubuh tetap fit. Dianjurkan untuk mengkonsumsi snack sehat yang rendah lemak, rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan nutrisi seperti Fitbar. Snack bar ini dibuat dari multigrain dengan komposisi Australian oats, rice crispy, dan premium corn flakes, yang mengandung 90 kkal per saji sehingga ngemil Anda tetap menyehatkan. Fitbar terdiri dari 4 varian rasa, yakni Chocolate, Fruits, Nuts dan Tiramisu Delight.



Simak Video "LIPI Akan Buat Vaksin COVID-19 dalam Bentuk Spray"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)