Minggu, 22 Mar 2020 12:36 WIB

Wisma Atlet Jadi Tempat Pasien Corona Gejala Ringan

Anjar Mahardhika - detikHealth
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien. Wisma Atlet kemayoran jadi tempat pasien corona gejala ringan. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan Wisma Atlet di Kemayoran akan difungsikan menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien positif corona COVID-19 dengan gejala ringan.

"Gejalanya ringan sebenarnya nggak perlu di rumah sakit. Bisa digeserkan ke sini (Wisma atlet), sehingga rumah sakit bisa fokus menangani pasien-pasien yang kondisinya berat," ujar Terawan di Wisma Atlet, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya pemerintah saat ini sudah menyiapkan ribuan kamar di Wisma Atlet di Kemayoran untuk menampung pasien yang bukan sakit berat dengan baik.

"Kami menyiapkan untuk ribuan kamar, untuk bisa dilakukan melewati masa-masa sakit ringan dengan baik," ujarnya.

Ia kemudian menegaskan, pasien positif yang dirawat di Wisma Atlet ini harus melalui pemeriksaan dari pihak rumah sakit dan mendapat surat rekomendasi untuk dipindahkan.

"Kalau langsung ke sini itu harus ada terpantau sakit atau tidak kan tetap ada pemeriksaannya, bukan sekedar rapid test tetapi tetap swab karena itu RS lah yang harus memantaunya, kalau tidak penularannya jadi dimana-mana jadi epicentrum baru," pungkasnya.



Simak Video "2 WNI Ternyata Baru Tahu Positif Corona Usai Diumumkan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)