Minggu, 22 Mar 2020 18:00 WIB

Nyetok Klorokuin dan Pil Kina untuk Cegah Corona? Catat Pesan Penting Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi obat Meski untuk pengobatan, obat klorokuin tak bisa dikonsumsi secara bebas. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Jubir pemerintah dalam penanganan virus corona COVID-19 menjelaskan obat yang disiapkan pemerintah untuk virus corona tidak bisa dikonsumsi sebagai langkah pencegahan. Diketahui, Presiden RI Joko Widodo sebelumnya mengumumkan obat avigan dan klorokuin tengah disiapkan untuk mengobati pasien corona RI.

Menanggapi hal ini, dr Achmad Yurianto, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan menegaskan obat tersebut harus berdasarkan resep dokter. Tak bisa sembarangan dibeli secara bebas.

"Namun sekali lagi obat-obatan ini adalah atas resep dokter, atas indikasi yg diberikan oleh dokter, tidak dibenarkan untuk kemudian kita simpan sendiri atau kita minum dengan konteks pencegahan karena secara keilmuan tidak ada upaya pencegahan dengan meminum obat tertentu," ungkapnya di konferensi pers BNPB, Minggu (22/3/2020).

Alih-alih mengonsumsi obat tersebut, dr Yuri mengimbau agar masyarakat membatasi kontak dan menjaga imunitas tubuh tetap baik.

"Kembali lagi bahwa menghindari dan meminimalkan dan membatasi kontak ini adalah cara yg paling baik, yang kedua adalah jaga imunitas diri masing-masing agar tetap sehat, agar tetap bisa menjalankan aktivitas ringan di rumah karena bekerja di rumah bukan tidak melakukan apa pun," tutupnya.



Simak Video "Kenali Avigan dan Klorokuin, Obat yang Disiapkan Jokowi untuk COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)