Senin, 23 Mar 2020 17:19 WIB

1 Dari 3 Pasien Positif Corona Ditemukan Tanpa Gejala

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
RSUD Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar simulasi penanganan pasien virus corona. Begini prosesnya. 1 dari 3 pasien corona ditemukan tanpa gejala. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona yang tidak menunjukkan gejala atau gejala minimal mencapai sepertiga dari mereka yang dinyatakan positif mengidap virus corona COVID-19. Mengutip Daily Mail, menurut data rahasia pemerintah Tiongkok yang dilaporkan oleh South China Morning Post, skala sebenarnya dan jumlah tersembunyi dari 'pasien tanpa gejala' ini lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Dikatakan pada akhir Februari, lebih dari 43.000 orang positif virus corona di China tidak menunjukkan gejala. Penemuan ini memiliki konsekuensi besar bagi strategi yang digunakan oleh negara-negara dalam menangani virus corona.

Para ilmuwan saat ini belum menjelaskan secara resmi terkait transmisi asimtomatik dalam menyebarkan penyakit dan bagaimana orang bisa menularkan tanpa ia memiliki gejala. Namun makin banyak ilmuwan yang menentang pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya yang mengatakan bahwa penularan tanpa gejala sangat jarang ditemukan.

Laporan sebelumnya oleh misi internasional WHO ke China memperkirakan bahwa infeksi tanpa gejala merupakan 1 hingga 3 persen dari kasus. Sementara itu, pada bulan Februari, sekelompok ahli Jepang yang dipimpin oleh Hiroshi Nishiura, seorang ahli epidemiologi di Universitas Hokkaido, menulis surat kepada International Journal of Infectious Diseases.

"Jumlah kasus virus corona di seluruh dunia terus bertambah, dan kesenjangan antara laporan dari Tiongkok dan perkiraan statistik kejadian berdasarkan kasus yang didiagnosis di luar China menunjukkan bahwa sejumlah besar kasus kurang terdiagnosis," ungkap Nishiura.

Nishiura mengatakan proporsi pasien Jepang tanpa gejala yang dievakuasi dari Wuhan sebesar 30,8 persen. "Rasio asimtomatik ... bisa lebih tinggi di antara anak-anak daripada orang dewasa yang lebih tua," lanjutnya.

Data yang dikumpulkan oleh pemerintah Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess menunjukkan bahwa dari 712 penumpang dan awak yang dinyatakan positif, 334 tidak menunjukkan gejala. Selain itu, sebuah studi terpisah oleh para ilmuwan dari University of Texas di Austin, untuk jurnal Emerging Infectious Diseases, memperkirakan bahwa orang yang belum mengembangkan gejala menularkan sekitar 10 persen dari 450 kasus yang mereka pelajari di 93 kota China.



Simak Video "Kenali Gejala Lain Saat Terinfeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)