Senin, 23 Mar 2020 18:24 WIB

GrabHealth Dipercaya Kemenkes untuk Screening Awal Covid-19

Abu Ubaidillah - detikHealth
Grab Foto: Grab
Jakarta -

Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal terhadap Covid-19 melalui konsultasi online pada platform GrabHealth powered by Good Doctor.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Oscar Primadi, MPH. menyebut, layanan ini bebas biaya dan masyarakat tidak perlu panik serta kemudian memenuhi fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit yang justru menambah risiko terpapar virus Covid-19.

"Kementerian pun menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/3/2020).

Sementara itu, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia menyebut bahwa pihaknya siap membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan dukungan teknologi mumpuni, kapasitas pelayanan memadai, dan mitra dokter profesional.

"Layanan terpadu kami dilengkapi dengan pengantaran produk kesehatan bekerja sama dengan Grab dari jaringan mitra apotek resmi berlisensi di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 1.000," lanjut Danu.

Dengan kerja sama ini, GrabHealth powered by Good Doctor menjadi mitra pemerintah untuk melaksanakan screening awal risiko infeksi Covid-19 melalui sistem telekonsultasi langsung kepada dokter yang siaga 24/7.

Seluruh mitra Good Doctor akan mendapat bekal berupa pedoman konsultasi yang terstruktur, bekal rekomendasi medis yang akurat, hingga berbagai informasi terkini tentang wabah Covid-19 dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan kualitas layanan yang baik, andal, dan akurat.

Diharapkan dengan adanya platform GrabHealth powered by Good Doctor dapat membantu mengindikasi masalah Covid-19 rendah, sedang, hingga tinggi untuk kemudian diberi rekomendasi lebih lanjut oleh dokter sesuai protokol penanganan yang berlaku. Selain itu, online screening juga diharapkan dapat membantu mengurangi beban tenaga medis karena tidak perlu memeriksakan diri di fasilitas kesehatan.

Apabila mitra dokter mengindikasi adanya risiko rendah, sedang, dan tinggi terpapar Covid-19, mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri atau memeriksakan diri di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan Covid-19.

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini dapat diakses oleh para pengguna Grab yang berlokasi di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Malang, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.



Simak Video "Kemenkes Semprit Video Viral Membuat Masker dari Tisu Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)