Selasa, 24 Mar 2020 10:30 WIB

Virus Corona Mampu Bertahan 17 Hari di Kapal Pesiar Diamond Princess

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Diamond Princess Kapal Pesiar Kapal pesiar Diamond Princess. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Studi yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan virus corona baru COVID-19 di kapal pesiar mewah Diamond Princess mampu bertahan hingga 17 hari. COVID-19 di kapal pesiar Diamond Princess bisa hidup jauh lebih lama dipermukaan daripada penelitian sebelumnya.

Penelitian oleh CDC ini mengamati upaya pemerintah Jepang dan Amerika Serikat dalam upaya menahan wabah virus corona di kapal Diamond Princess. Mereka melihat adanya kecenderungan penumpang dan kru saat dikarantina di kapal tidak menunjukkan gejala namun dinyatakan positif setelah turun dari kapal pesiar tersebut.

"Virus ini ditemukan pada berbagai permukaan di kabin penumpang yang terinfeksi dan bergejala hingga tak bergejala hingga 17 hari setelah kapal dikosongkan, sebelum desinfeksi dilakukan," tulis peneliti dikutip dari CNBC.

Virus corona COVID-19 pada kapal pesiar disebutkan lebih menimbulkan risiko penyebaran penyakit yang lebi cepat khususnya pada populasi rentan. Beberapa waktu lalu, peneliti dari National Institutes of Health, CDC, UCLA dan Princeton University juga menemukan bahwa COVID-19 dapat bertahan hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel.

Hampir setengah dari infeksi virus corona di kapal Diamond Princess atau sekitar 46,4 persen menunjukkan gejala berat. Sembilan orang di antara pasien positif meninggal dunia setelah turun dari kapal.

Kapal lain yang juga diteliti adalah Grand Princess yang berlabuh di pantai California setelah dua penumpang yang turun terinfeksi virus corona. Kapal pesiar Diamond Princess dan Grand Princess telah menyumbang lebih dari 800 kasus virus corona, 10 orang dinyatakan meninggal dunia.



Simak Video "'SwissCovid', Aplikasi asal Swiss Pendeteksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)