Selasa, 24 Mar 2020 14:15 WIB

Sama-sama Lewat Droplet, Ini Bedanya Penularan TBC dan Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
batuk Sama-sama lewat droplet, bagaimana perbedaannya saat tertular? (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Penularan tuberkulosis (TB atau TBC) dengan virus corona COVID-19 sama-sama melalui droplet. Hal ini dijelaskan Komite Ahli TB Indonesia, dr Pandu Riono, MPH, PhD, saat melakukan teleconference terkait peringatan hari TB sedunia. Namun samakah penularannya?

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr Wiendra Waworontu, MKes, menjelaskan ada perbedaan di antara keduanya meski sama-sama menular melalui droplet.

"Kalau tuberkulosis masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kalau COVID-19 masuk ke dalam tubuh melalui kontak pada permukaan terutama pada mata, hidung, dan mulut," jelasnya di Teleconference Kementerian Kesehatan terkait dengan peringatan hari TB sedunia pada Selasa (24/3/2020).

Ia juga menjelaskan tindakan pencegahan yang dilakukan untuk kedua penyakit tersebut kondisinya berbeda. Dalam pencegahan TBC, belum ada tindakan karantina.

"Kalau COVID-19 kan kita lakukan karantina terhadap pasien dan isolasi kontak serta penggunaan APD secara luas. Kalau TBC belum ada tindakan karantina terhadap pasien maupun yang kontak, penggunaan APD juga masih terbatas," ungkapnya.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)