Rabu, 25 Mar 2020 06:04 WIB

Manfaat Temulawak: Jaga Stamina Hingga Perbaiki Nafsu Makan

Lusiana Mustinda - detikHealth
temulawak Manfaat temulawak. Foto: Istimewa
Jakarta -

Manfaat temulawak sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Jamu temulawak pun kini disebut-sebut dapat membantu tingkatkan stamina tubuh. Temulawak juga bisa memperbaiki nafsu makan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman obat yang berasal dari keluarga Zingiberaceae. Tanaman obat asli Indonesia ini sering dijadikan sebagai bahan dasar meracik jamu tradisional.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ali Rosidi dan kawan-kawan yang dipublikasikan dalam Pakistan Journal of Nutrition menunjukkan bahwa temulawak memiliki banyak manfaat sebagai antioksidan alami yang sangat baik. Komponen aktif yang bertanggung jawab untuk aktivitas antioksidan dalam temulawak adalah curcumin.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan?

1. Penambah nafsu makan

Manfaat temulawak untuk anak salah satunya adalah sebagai penambah nafsu makan. Hal ini membuat ramuan temulawak sering dimanfaatkan orang tua untuk membuat anak-anaknya mau makan dengan lahap dan tidak memilih makanan. Kandungan atsiri dalam temulawak yang berperan bisa meningkatkan nafsu makan.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Menurut dr Arijanto, temulawak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) karena kandungan kurkumanya. "Kalau mau menurunkan LDL, panci sebaiknya dibuka karena temulawak itu kan mengandung minyak atsiri dan kurkuma. Kurkuma untuk menurunkan kolesterol dan atsiri penambah nafsu makan," kata dr Arijanto beberapa waktu lalu.

3. Mengatasi sakit maag

Manfaat temulawak untuk asam lambung salah satunya adalah dapat mengobati sakit maag. Pakar temulawak dari Universitas Gajah Mada, Profesor Nyoman Kertia, MD, PhD, pernah menyebut bahwa kurkuma dan minyak atsiri pada temulawak dapat membantu mengatasi penyakit seperti maag. Nilai plusnya adalah konsumsi temulawak relatif aman dari efek samping dibandingkan obat kimia.

"Ada riset tahun 1995 yang membuktikan ternyata kurkuminoid dan obat kimia sama-sama mampu mengobati. Tapi pada beberapa kasus, yang mengonsumsi obat kimia mendapat efek samping pusing, mual, hingga diare. Kalau kurkuma, memang tidak se-'cespleng' obat kimia, tetapi lama-lama sama menyembuhkan tetapi tanpa timbul efek samping," papar Prof Kertia beberapa tahun lalu.

4. Meningkatkan Stamina

Dikutip dari Medical News Today, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan dan lainnya.

Sehingga rajin konsumsi temulawak bisa membantu tingkatkan stamina tubuh.

5. Mengurangi Inflamasi

Secara tradisional temulawak bisa dibuat dengan cara ditumbuk dan disiram air panas atau direbus. Ada juga temulawak juga dikemas dalam bentuk kapsul. Selain mengandung antioksidan, temulawak juga dapat mengurangi inflamasi atau peradangan.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)