Rabu, 25 Mar 2020 08:30 WIB

China Rancang Robot Corona untuk Bantu Tenaga Medis Atasi COVID-19

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Italia jadi salah satu negara dengan jumlah kasus COVID-19 yang cukup tinggi di luar China. Petugas medis di negara itu bahu membahu rawat pasien virus corona. China rancang robot untuk bantu tenaga medis atasi corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Tenaga medis saat ini menjadi garda terdepan untuk menangani kasus persebaran virus corona COVID-19. Tak jarang, banyak tenaga medis yang menjadi korban karena virus ini.

Para peneliti dari universitas di China telah merancang robot yang dapat digunakan untuk membantu tenaga medis. Robot ini dirancang untuk menangani para pasien selama wabah virus corona.

Mengutip dari Reuters, robot ini dapat mengambil usapan mulut dan mendengarkan suara yang berasal oleh organ pasien, biasanya dilakukan dengan stetoskop. Bahkan, robot ini dilengkapi kamera sehingga tenaga medis tidak perlu berada di ruangan pasien secara langsung guna untuk mencegah penularan.

Perancang robot ini, Prof Zheng Gangtie, dari Universitas Tsinghua mengatakan, masalah terbesar saat ini untuk para tenaga medis yang berjuang merawat pasien adalah sangat mudah terinfeksi.

"Para dokter sangat berani, meskipun virus ini sangat mudah menular. Dengan robot ini, kita bisa menggunakannya bahkan untuk tugas yang paling berbahaya sekalipun," ujar Prof Zheng.

Saat ini, Zheng dan timnya sudah memiliki dua robot yang telah diuji coba oleh para dokter di rumah sakit di Beijing. Satu di antaranya masih berada di laboratorium universitas, dan satu lainnya sudah siap di Rumah Sakit Union Wuhan.



Simak Video "Pandemi Corona, Empire State Building Tampilkan Sirine Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)