Rabu, 25 Mar 2020 11:28 WIB

Ketahui Ciri Gula Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Mega Wulandari - detikHealth
Alat tes gula darah Ciri gula darah rendah. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Gula darah adalah unsur penting bagi kesehatan tubuh yang didapat dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, gula darah merupakan bahan bakar utama untuk otak. Gula darah juga sumber energi bagi sel yang membangun otot dan jaringan.

Penting bagi seseorang untuk mengetahui kadar gula darahnya. Apakah rendah, normal atau tinggi. Gula darah yang rendah dalam istilah medis disebut hipoglikemia. Kondisi ini umumnya terjadi pada penderita diabetes. Bukan hanya penderita diabetes saja, orang yang tidak menderita hal tersebut pun bisa mengalami gula darah rendah.

Gula darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa hal di antaranya terlambat atau kurang makan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti quinine dan kekurangan hormon tertentu.

Selain itu, kamu bisa mengetahui ciri-ciri dari gula darah rendah sebagai berikut:

1. Kadar gula darah turun hingga di bawah 70 mg/dL.

2. Seseorang yang memiliki gula darah rendah bisa diketahui dengan kulit yang pucat, tubuh tidak bertenaga dan mudah kelelahan, gelisah, mudah marah, keluar keringat dingin, kesemutan di area mulut dan detak jantung yang cepat.

3. Seseorang dengan kadar gula darah terlalu rendah hingga di bawah 40 mg/dL dapat mengalami gejala sulit berkonsentrasi, tidak mampu berdiri atau berjalan, bicara melantur, otot berkedut, kejang, kehilangan kesadaran bahkan kematian.

Gula darah rendah bisa diatasi dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat bagi yang sehat. Selain itu, ditambah protein seperti selai kacang supaya kadar gula darah kembali stabil. Makanlah dengan porsi yang seimbang. Sedangkan bagi penderita diabetes, disarankan meminum jus buah atau tablet glukosa.

Jika kamu sering mengalami gula darah rendah, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kamu memiliki atau tidak memiliki masalah kesehatan yang membuat kadar gula darah menjadi rendah.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)